Comscore Tracker

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! 

Harus segera berkumur

Gigi menjadi salah satu anggota tubuh yang pertama kali terlihat saat tersenyum lebar. Ketika gigi berubah warna dan tak lagi putih, tentu hal tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri yang menurun.

Beberapa makanan berikut ini sebaiknya kamu hindari agar gigimu tidak mudah berubah warna. Jika terlanjur memakannya, sebaiknya kamu langsung berkumur atau segera menggosok gigi dengan bersih.

1. Kari

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! ilustrasi hidangan kari (instagram.com/surovadcerka)

Kari memang menjadi salah satu makanan yang enak untuk dinikmati. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bumbu pada kari yang pekat pada makanan dapat meninggalkan pigmentasi gigi yang bewarna kuning atau oranye.

Hal tersebut tentu dapat menurukan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kamu sebaiknya sebisa mungkin membersihkan gigimu setelah memakan hidangan kari ataupun yang mengandung kari.

2. Buah berpigmented seperti blueberry, raspberry, cranberry, chery, berry, dan delima

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! ilustrasi buah beri (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Buah-buahan seperti blueberry, raspberry, cranberry, chery, berry dan delima mempunyai rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai menu makanan. Buah-buahan tersebut juga sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa jenis buah-buahan ini mempunyai pigmen berwarna ungu dan merah yang dapat meninggalkan residu pada gigi. Jadi, bila kamu penyuka berries dan delima, kamu harus memastikan untuk berkumur secara menyeluruh dengan air setelah menikmatinya.

3. Buah bit 

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! ilustrasi buah bit (unsplash.com/Natalia Fogarty)

Pernahkah kamu mendengar buah bit? Buah ini memang jarang dikonsumsi orang Indonesia. Buah berwarna merah ini mempunyai pigmen yang kuat dan dapat meninggalkan noda merah atau mengarah ke oranye pada gigi.

Maka tak mengherankan bila gigi dapat berubah warna. Kamu disarankan untuk segera berkumur atau menyikat gigi setelah mengonsumsi buah ini, agar gigimu terjaga dari noda.

Baca Juga: Sikat Gigi Konvensional atau Elektrik, Pilih Mana? Ini Pertimbangannya

4. Saus tomat dan acar

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! ilustrasi saus tomat (unsplash.com/Fidel Fernando)

Saus tomat sering kita temui sebagai makanan pelengkap kentang goreng atau gorengan lainnya. Sedangkan acar biasanya melengkapi kelezatan dari burger

Sebagai informasi buat kamu, saus tomat memiliki kandungan warna yang sangat highly pigmented. Sedangkan acar bersifat asam. Makanan asam bisa membuat lemah lapisan enamel gigi yang dapat menjadikannya lebih berpori, sehingga menyebabkan lebih rentan terhadap noda.

5. Permen dan kecap asin 

5 Makanan yang Meninggalkan Noda di Gigi, Jangan Bikin Ilfeel! ilustrasi permen (unsplash.com/Jamie Albright)

Mungkin ketika kecil kamu dilarang orang tuamu untuk sering mengonsumsi permen yang terlalu banyak. Sedangkan ketika dewasa kamu juga sering menambahkan kecap asin untuk menambah rasa. Bagi kamu yang suka menikmati kelezatan permen dan kecap asin, maka kamu harus berhati-hati.

Hal tersebut dikarenakan biasanya kedua makanan tersebut mempunyai kandungan bahan pewarna. Bila lidah berubah warna ketika mengonsumsinya, maka tanpa disadari asupan permen dan kecap asin mempunyai kesempatan untuk menodai gigi juga.

Itulah beberapa makanan yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Jadi mulai sekarang, kamu bisa mengurangi dan meninggalkan semua makanan di atas, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Caranya Mudah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya