Comscore Tracker

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomade

Jangan sampai makin parah!

Siapa sangka jika pemakaian pomade bisa saja menimbulkan rambut rusak walau tidak secara langsung. Dari mulai kerontokan hingga kulit kepala tidak sehat dan berketombe.

Namun, semua itu bisa diminimalisir dengan beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini. Penasaran bagaimana cara yang bisa digunakan? Simak penjelasannya di bawah ini sampai selesai!

1. Pemakaian yang sewajarnya saja

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomadeilustrasi pria (pexels.com/andreapiacquadio)

Pemakaian pomade biasanya dilakukan setiap hari demi mendapatkan penampilan terbaik saat melakukan aktivitas. Namun, cobalah untuk memakai pomade sewajarnya saja, jangan terlalu banyak hingga akhirnya merusak rambut.

Gunakan seperlunya saja dengan proses styling yang benar namun tidak menghilangkan manfaat yang ada. Justru jika kamu menggunakan pomade secara berlebihan, bisa saja menimbulkan rambut lepek dan susah untuk styling nantinya.

2. Jangan terlalu keras saat styling supaya tidak rontok

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomadeilustrasi pria (pexels.com/edgarserrano)

Terkadang keinginan untuk memiliki gaya rambut sesuai dengan yang kamu inginkan membuat kamu melakukan segala cara dalam proses styling rambut. Bahkan kurang peduli jika proses styling tersebut terlalu kasar pada rambut.

Akibatnya, banyak yang pada akhirnya mengalami kerontokan rambut karena proses styling tersebut. Dari menarik rambut, atau bahkan terlalu kasar memijat kulit kepala dengan pomade.

3. Bersihkan sisa pomade dengan benar dan bersih

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomadeproduk shampo cowok (tokopedia.com)

Banyak cowok yang sungkan untuk membersihkan pomade ketika telah selesai berkegiatan. Hal ini lantaran mereka merasa lelah seharian beraktivitas, sehingga malas untuk membersihkannya.

Sebaiknya, hindari sikap malas tersebut, karena punya potensi merusak rambut hingga kulit kepala jika pomade dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan. Sadari hal ini supaya tidak menimbulkan kerusakan rambut semakin parah nantinya.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Pomade yang Benar untuk Pria Rambut Ikal

4. Sisir dengan lembut saat menggunakan pomade

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomadeilustrasi pomade (pexels.com/castorlystock)

Proses styling rambut dengan pomade biasanya menggunakan sisir demi mendapatkan hasil yang rapi. Namun, semestinya penggunaan sisir tersebut dilakukan dengan lembut hingga tidak melukai rambut apalagi kulit kepala.

Seringnya penataan rambut dengan pomade memakai sisir yang tidak benar akan membawa dampak kerusakan pada rambut. Bahkan tidak jarang rambut mengalami penipisan karena rontok.

5. Memilih produk pomade yang aman

5 Cara Meminimalisir Kerusakan pada Rambut Akibat Penggunaan Pomadeilustrasi pomade (pexels.com/castorlystock)

Langkah terakhir yang harus diperhatikan ketika kamu menggunakan pomade supaya rambut tidak rusak ialah memilih produk pomade yang aman. Dari segi kemasan hingga produk yang ada harus sudah berlabel aman.

Jangan hanya tergiur harga murah atau lainnya. Karena, pomade akan sering dipakai sehingga perlu mencari produk yang sudah terbukti keamanannya.

Meminimalisir kerusakan rambut karena pemakaian pomade memang perlu dilakukan. Jangan sampai kamu menyesal jika nantinya rambut kamu menipis dan tidak sehat, Bro!

Baca Juga: 6 Tips Menentukan Pilihan Styling Rambut dengan Pomade atau Clay 

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya