Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!

Jadi hemat waktu! #IDNTimesMen

Mencukur atau memotong rambut merupakan aktivitas yang cukup rutin dilakukan oleh pria. Terlebih, ketika rambut mereka memanjang hingga menutupi mata. Biasanya, para pria akan pergi ke barber shop langganan mereka untuk memotong rambut sesuai dengan keinginannya.

Tetapi, coba deh sesekali mencukur rambut sendiri di rumah. Di tengah pandemi seperti saat ini, kamu gak perlu repot pergi ke salon untuk mencukur rambut. Biar gak salah, kamu harus memperhatikan cara memotong rambut yang benar.

Nah, berikut ada lima cara mencukur atau memotong rambut sendiri yang bisa kamu ikuti. Yuk, baca pembahasannya sampai selesai!

1. Mencukur rambut bagian samping terlebih dahulu

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!Ilustrasi cukur rambut (unsplash.com/Agustin Fernandez)

Sebelum mulai mencukur, sisir dahulu rambut bagian samping ke satu arah yang sama. Gunakan tangan untuk mengangkat dan menjepit rambut untuk dicukur. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan sisir untuk melakukannya. Setelah itu, potong menggunakan gunting.

Kalau kamu ingin yang lebih praktis, gunakan electronic clipper. Pasang mesin cukur tersebut dengan setelan rendah agar tidak terlalu banyak rambut yang tercukur. Sebaiknya pegang electronic clipper dengan sedikit miring. Setelah itu mulailah mencukur dari bawah ke atas.

2. Setelah samping, cukur bagian belakang

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!Ilustrasi cukur rambut (unsplash.com/John Karlo Mendoza)

Daripada menggunakan gunting, mencukur rambut di bagian belakang akan terasa lebih mudah jika memakai electronic clipper. Cukup lakukan hal yang sama saat mencukur dari samping.

Lakukan dengan lebih perlahan dan juga memperhatikan cermin kedua. Pastikan agar kamu mencukur dengan rata sehingga tidak ada bagian rambut yang masih panjang sebelah.

3. Jika sudah rata, selanjutnya cukur bagian atas rambut

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!Ilustrasi cukur rambut (unsplash.com/Jonathan Cooper)

Kalau kali ini, sebaiknya gunakan gunting rambut biasa untuk mencukurnya. Kamu bisa memulainya dari area rambut di dekat telinga dulu. Jepit rambut dengan tangan atau sisir saat akan mencukurnya.

Mulailah mencukur perlahan dari bawah ke bagian atas. Kamu perlu lebih hati-hati agar jangan sampai pangkasan rambutmu terlihat tidak merata. Jika dibandingkan bagian samping dan belakang, hasil cukuran rambut bagian atas kepala akan sangat mudah terlihat jika tidak merata.

Baca Juga: 5 Cara yang Benar Mencukur Rambut di Sekitar Alat Kelamin Pria  

4. Selanjutnya cukur bagian poni

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!Ilustrasi cukur rambut (unsplash.com/Altin Ferreira)

Mencukur poni merupakan bagian rambut terakhir yang perlu kamu lakukan. Sama seperti sebelumnya, sisir poni rambut ke bawah agar mudah dijepit.

Ambil sedikit bagian poni, lalu gunakan gunting rambut untuk memangkas pendek poni rambut. Perhatikan cermin saat memotongnya agar hasil cukur poni rambut rata.

5. Terakhir, rapikan rambut yang tidak rata

5 Cara Mudah Mencukur Rambut Sendiri di Rumah, Anti Ribet!Ilustrasi cukur rambut (unsplash.com/Allef Vinicius)

Setelah selesai mencukur tiap bagian rambut, cek lagi hasil cukuranmu yang mungkin masih tidak rata. Terutama bagian rambut yang menyambung dari atas ke samping dan belakang.

Kamu bisa memastikannya dengan cara melihat cermin sambil meraba-raba dengan tangan untuk menemukan area yang masih tidak rata. Lalu, terapkan teknik mencukur yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Itulah lima cara mudah mencukur rambut sendiri yang bisa kamu terapkan di rumah. Jika kamu menerapkan lima cara tersebut dengan benar, dijamin hasilnya gak kalah dari potong rambut di barber shop!

Baca Juga: 5 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Cegah Rambut Rontok, Catat Bro!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya