Comscore Tracker

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!

Demi kulit tetap sehat dan terlindungi! #IDNTimesMen

Dibutuhkan kesabaran untuk merawat jenis kulit yang sensitif. Bukan hanya wanita, ternyata gak sedikit dari para pria yang juga memiliki jenis kulit sensitif. Orang yang memiliki kulit sensitif sering kali merasakan keluhan pada kulit, seperti ruam, gatal, kering, beruntusan, hingga rasa terbakar atau perih pada kulit. Untuk menghindari gangguan kulit, diperlukan perawatan yang tepat. 

Nah, berikut ada lima tips merawat kulit sensitif yang mudah dilakukan oleh kalian para pria. Simak ulasannya sampai habis ya!

1. Bijak dalam memilih produk perawatan kulit

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!Ilustrasi produk skincare (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memiliki kulit sensitif memang gak bisa sembarangan memakai produk perawatan. Jika tidak cocok, bisa saja memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit kering, berminyak, beruntusan, hingga jerawat. 

Gunakanlah produk khusus untuk kulit sensitif yang umumnya mengandung lebih sedikit bahan kimia. Selain itu, pastikan produk yang kamu pilih terbuat dari bahan alami. Biasanya produk untuk kulit sensitif ini berlabel "hypoallergenic”.

2. Jangan sering ganti produk perawatan

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!Ilustrasi merawat kulit sensitif (pexels.com/Monstera)

Kebiasaan sering produk perawatan justru dapat merusak pertahanan kulit. Jika kulitmu cocok dengan satu jenis produk tertentu, sebaiknya tetap gunakan produk tersebut. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk mencoba yang lain.

Kalaupun ingin mencoba produk perawatan kulit baru, kamu bisa melakukan tes sensitivitas. Caranya mudah banget, cukup dengan mengoleskan produk perawatan baru di punggung tangan. 

3. Gunakan pelembap

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!Ilustrasi produk skincare (unsplash.com/Chi)

Bukan hanya perempuan, para pria juga perlu menggunakan pelembap. Bukan tanpa alasan, kulit sensitif rentan menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal tersebut, rajinlah mengoleskan pelembap setelah mandi.

Umumnya, pelembap yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, dimethicone atau gliserin. Kandungan tersebut telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan dan menjaga kelembapan kulit tubuh.

Baca Juga: Biar Tetap Glowing, Pria Bisa Coba 5 Tips Perawatan Kulit Ini!

4. Gak berlebihan dalam membersihkan kulit

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!Ilustrasi membersihkan wajah (unsplash.com/lumin)

Membersihkan kulit dari kuman dan kotoran itu memang penting. Namun, kebiasaan membersihkan kulit secara berlebihan justru dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Hal tersebut menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan rentan iritasi.

Cukup bersihkan wajah dua kali sehari, yakni pada pagi hari dan sebelum tidur. Pilihlah sabun cuci muka berbahan alami yang dirancang khusus untuk memelihara kulit sensitif tanpa menyebabkan iritasi.

5. Hindari paparan sinar matahari dan rajin menggunakan tabir surya

5 Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif pada Pria, Kamu Wajib Tahu!Ilustrasi penggunaan sunscreen (pexels.com/Anna Tarazevich)

Hindarilah paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama. Kulit sensitif mudah berisiko mengalami sunburn. Bila harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, kenakan pakaian tertutup, sepert topi dan kaca mata hitam.

Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan tabir surya sebagai penambah perlindungan. Tapi ingat, pilihlah produk tabir surya atau sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan gunakan setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan.

Itulah lima tips merawat kulit sensitif yang bisa dilakukan oleh para pria. Agar kulit sensitifmu gak mengalami masalah, coba deh lakukan lima tips tersebut!

Baca Juga: 5 Tahapan Dasar Skincare Pria, Harus Tahu biar Gak Salah Perawatan!

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya