Comscore Tracker

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!

Bye jenggot kusut dan kering

Memiliki jenggot yang kasar terkadang bikin kurang nyaman. Jenggot yang kasar bisa menjadi tanda bahwa bulu jenggot kamu kering dan tidak sehat. Hal tersebut terkadang bikin pria merasa kurang percaya diri karna jenggot menjadi kusut dan mengembang. Biasanya, jenggot yang sehat terasa halus dan mudah diatur.

Untuk membuat jenggot lebih lembut dan mudah diatur, coba deh baca lima tips di bawah ini. Gak perlu lama-lama, langsung aja baca pembahasannya sampai akhir!

1. Trim jenggot secara rutin

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!Ilustrasi mencukur jenggot (unsplash.com/Allef Vinicius)

Untuk membuat jenggot tetap sehat, kamu perlu rutin melakukan trim. Gak perlu bingung, cukup gunakan gunting untuk melakukannya. Pilih gunting yang tajam, bersih, dan yang memang diperuntukkan untuk memotong jenggot.

Selain itu, pastikan gunting yang digunakan bebas dari karat dan tidak bermasalah atau terdapat kerusakan pada pisaunya. Hindari menggunakan gunting dapur atau gunting yang biasa dipakai untuk tanaman karena akan menghalangi ruang gerakmu. 

2. Bersihkan jenggot menggunakan beard wash

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!Ilustrasi mencukur jenggot (unsplash.com/Arthur Humeau)

Gak kalah penting dari sebelumnya, kamu juga harus rajin mencuci jenggot setiap hari menggunakan beard wash. Sebaiknya hindari mencuci jenggot menggunakan sabun wajah atau bahkan sampo.

Saat ini sudah banyak produk yang diciptakan khusus untuk mencuci jenggot. Kebiasaan tersebut bisa membuat jenggot akan terasa lebih lembut dan dapat terhindar dari beard druff.

3. Oleskan beard oil agar bulu jenggot lebih sehat

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!Ilustrasi pria berjenggot (unsplash.com/Erik Mclean)

Ketika membersihkan jenggot dengan beard wash, minyak natural pada bulu rambut dapat ikut terangkat. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan minyak khusus yang dapat mengembalikan kelembapan bulu jenggot.

Kamu bisa memakai beard oil untuk membuat jenggot terlihat lebih sehat. Bukan hanya itu, rajin menggunakan beard oil setiap hari selepas mandi dapat membantu menebalkan bulu jenggot.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Mencukur Jenggot, Apa Saja?

4. Sisir jenggot agar tidak kusut

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!Ilustrasi pria berjenggot (unsplash.com/Toa Heftiba)

Jenggot yang kasar biasanya mudah kusut, sisirlah dengan menggunakan sisir kecil. Ikuti arah tumbuh alaminya jenggot kamu. Arahkan sisirmu di sepanjang salah satu sisi rahang. Hal tersebut dapat menghilangkan bagian yang kusut. 

Kamu bisa memulai gerakan menyisir dari telinga menuju dagu. Jangan menyisir jenggot melawan arah tumbuhnya, karna hal tersebut bisa membuatnya mengembang. Sisirlah secara lurus. 

5. Pakai beard wax agar jenggot lebih mudah diatur

5 Tips Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur, Simak Bro!Pria berjenggot (unsplash.com/Gursimrat Ganda)

Kegunaan beard wax satu ini untuk menata gaya kumis dan jenggot. Buat pria yang memiliki kumis dan jenggot tebal, maka bisa memanfaatkan produk beard wax untuk menatanya. Adanya kandungan bees wax pada produk ini yang dapat menjadi holder bagi kumis dan jenggot agar tetap stand out seperti yang sudah kamu tata sebelumnya.

Nah, itulah lima tips membuat jenggot agar lebih lembut dan mudah diatur. Gimana? Kelima tips di atas mudah banget untuk kamu lakukan di rumah, kan? Yuk, lakukan!

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Lebih Suka Pakai Krim Daripada Sabun Cukur Jenggot

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya