Comscore Tracker

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada Pria

Tips yang ampuh hilangkan bekas jerawat secara instan!

Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup umum dan sering terjadi pada pria. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga sering meninggalkan bekas yang bisa mengganggu penampilan. Gak jarang jerawat meninggalkan bekas hitam di kulit wajah. Kalau sudah begitu, perlu dilakukan beberapa serangkaian perawatan untuk menghilangkannya.

Nah, berikut ada lima tips menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan bahan alami yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Kira-kira bagaimana caranya? Yuk, baca pembahasannya hingga habis.

1. Cuka apel

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi cuka (pixabay.com/SofiLayla)

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan cuka apel, seperti mencerahkan, merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel-sel, mengangkat sel kulit mati hingga membersihkan bekas jerawat.

Cara penggunaannya dengan mencampurkan cuka apel dengan beberapa tetes air secukupnya. Kemudian, celupkan bola kapas bersih ke dalam larutan cuka apel. Oleskan kapas tersebut pada bekas jerawat hitam. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. 

2. Baking soda

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi soda kue (pexels.com/Kaboompics .com)

Baking soda mengandung zat eksfolian membantu menyamarkan bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan dua sendok teh baking soda dan beberapa tetes air secukupnya dalam sebuah mangkuk kecil. 

Aduk merata campuran tersebut sampai menjadi pasta masker.  Oleskan pada permukaan kulit yang terdapat bekas jerawat hitam. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Lidah buaya

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi lidah buaya (unsplash.com/pisauikan)

Gak perlu diragukan lagi, lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kamu bisa memanfaatkan masker lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Penggunaan lidah buaya secara konsisten bisa membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil.

Baca Juga: 5 Skincare Jepang yang Hemat Bujet Bantu Atasi Jerawat dan Bekasnya

4. Air perasan lemon

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi perasan lemon (unsplash.com/pixpoetry)

Tahukah kamu jika air lemon dapat membantu menghilangkan bekas jerawat? Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu mencerahkan wajah sekaligus meratakan warna kulit.

Selain itu, vitamin C juga merupakan substansi aktif yang bekerja dengan menurunkan pembentukan melanin penyebab bekas jerawat hitam. Kamu dapat menggunakan air perasan lemon sebagai masker.

5. Kunyit

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi kunyit (unsplash.com/Julia Topp)

Sifat antiradang dan antioksidan yang terkandung di dalam kunyit diyakini dapat mempercepat penyembuhan jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya. Selain itu, kunyit dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk menggunakannya, coba campurkan satu hingga dua sendok teh bubuk kunyit dan perasan air lemon. Oleskan masker alami penghilang jerawat pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum dibasuh dengan air bersih.

6. Madu

6 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam Pada PriaIlustrasi madu (unsplash.com/Arwin Neil Baichoo)

Kandungan pelembap pada madu juga dapat melembutkan dan mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat. Kamu bisa mengoleskan satu sendok makan madu pada bekas jerawat. Kemudian diamkan selama 20-30 menit.

Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan masker penghilang jerawat alami ini dengan air perasan lemon. Lalu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Nah, itulah lima tips menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan aneka bahan alami. Jika kamu lakukan secara rutin, dijamin bekas jerawat membandel tersebut bakal cepat hilang!

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Jerawat yang Sering Disepelekan Pria

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya