Comscore Tracker

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!

Olahraga dan konsumsi sayur serta buah jadi kunci utama

Setiap pria tentu ingin punya badan yang sehat dan bugar dengan sixpack di bagian perut. Sebab, penampilan juga jadi salah satu faktor kepercayaan diri seseorang di depan orang lain.

Di zaman sekarang, tidak jarang juga pria yang memiliki perut buncit. Bisa karena gaya hidup, pola makan, dan sebagainya. Jangan khawatir! Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit pada pria yang wajib kamu coba untuk mendapatkan tubuh ideal.

IDN Times sudah merangkumnya di bawah ini. Simak terus, ya!

1. Perbanyak minum air putih

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi air putih (unsplash.com/paradox21)

Hal pertama yang penting buat tubuh kamu adalah konsumsi air putih yang banyak. Tubuh manusia membutuhkan cairan, sehingga minum air putih bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas.

Selain membuat badan lebih segar, cara ini juga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Idealnya, kamu perlu minum 8 gelas air putih sehari agar menetralkan racun di dalam tubuh, lalu dibuang lewat urin.

Selain itu, jika perut sudah kenyang dengan air putih, perasaan mau ngemil atau makan pun akan berkurang.

2. Berolahraga

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!Ilustrasi jogging (Freepik/Pressfoto)

Tentu salah satu cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif adalah berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perut buncit, di antaranya:

  1. Jogging di pagi hari selama 30 menit. Aktivitas ini bisa membakar sekitar 250 kalori.
  2. Lompat tali juga efektif untuk membakar lemak perut, sekaligus meningkatkan stamina.
  3. Berenang juga membantu membentuk tubuh menjadi lebih menarik karena juga membakar kalori melalui gerakan tangan dan kaki.
  4. Biasakan berjalan kaki ke mana pun kamu pergi.

3. Perlahan kurangi porsi makan

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!Ilustrasi rakus. (unsplash.com/Documerica

Cara mengecilkan perut buncit pada pria selanjutnya mungkin cukup sulit dilakukan jika kamu adalah orang yang gampang merasa lapar dan tidak puas dengan makan makanan yang sedikit.

Namun, cara ini termasuk efektif untuk mengontrol metabolisme tubuh kamu agar mudah dalam mencerna dan membakar lemak tubuh. Jika biasanya kamu makan 3 kali sehari, cobalah makan dengan porsi sedikit, tetapi dilakukan secara sering. Misalnya dengan jarak 2-3 jam.

4. Sarapan dengan smoothie

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!banana smoothie (food.ndtv.com)

Sarapan dengan smoothie buah-buahan, seperti pisang, nanas dan semangka juga termasuk cara mengecilkan perut buncit pada pria. Dengan sarapan smoothie, kamu bisa lebih menjaga perut supaya tetap kenyang dan tidak sering ngemil. Ini juga termasuk cara dalam diet sehat, setelah mengurangi porsi makananmu.

5. Konsumsi sayur dan buah dengan porsi yang tepat

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!Ilustasii sayur dan buah (pexels.com/Manuel Joseph)

Tidak bisa dimungkiri bahwa sayur dan buah-buahan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Sebab mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, jika kamu ingin mengecilkan perut, maka sebaiknya kurangi juga porsi sayur dan buah dalam sekali makan. Cobalah menjadikan sayur dan buah sebagai cemilan yang dilakukan secara sering.

6. Konsumsi makanan yang mengandung potasium

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi buah pepaya (pexels.com/Any Lane)

Salah satu cara mengecilkan perut buncit pada pria adalah mengurangi gas dalam saluran pencernaan. Oleh sebab itu, kamu perlu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi, contohnya pepaya, pisang, mangga, hingga alpukat.

Kamu juga bisa rutin makan yoghurt untuk mengurangi perut yang kembung. Untuk diketahui, kandungan potasium adalah zat yang bisa membantu mengurangi penimbunan air di dalam perut.

7. Konsumsi buah berry secara rutin

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi buah berry (pexel.com/Susanne Jutzeler)

Buah berry ternyata punya banyak khasiat untuk melawan lemak dan menekan sel-selnya agar tidak membesar. Secara teori, berry akan memproduksi adiponectin di dalam perut.

Hormon tersebut yang digunakan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Buah ini juga punya manfaat untuk mengurangi peradangan.

8. Coba konsumsi kacang-kacangan

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!kacang rebus (instagram.com/_oeli)

Jangan salah, mengonsumsi kacang-kacangan tidak melulu akan membuat perut gendut. Justru kacang-kacangan dipercaya bisa membuat perut tetap kencang. Cobalah untuk mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin selama 2 kali seminggu. Tentu dengan diikuti cara-cara lain yang disebutkan dalam artikel ini.

Baca Juga: 5 Resep Jus yang Bisa Bantu Mengecilkan Perut Buncit, Enak dan Segar!

9. Mulai kurangi dairy products

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!es krim (instagram.com/bytiffaney)

Dairy products atau produk yang berbahan dasar susu memang sangat menggoda untuk kita makan. Namun, produk-produk tersebut sebenarnya bisa membuat perut begah karena menghasilkan gas di dalam perut.

Misalnya, kental manis, susu bubuk, es krim, keju, dan sebagainya. Memang tidak ada kewajiban untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan itu. Namun, cobalah mulai menguranginya karena ini merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit pada pria yang wajib kamu coba.

10. Kurangi minuman bersoda dan alkohol

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi minuman (unspalsh.com/benceboros)

Jika kamu adalah penikmat garis keras minuman bersoda maupun alkohol, maka mulai saat ini mulailah mewaspadai dan berhati-hati. Apalagi jika kamu ingin mengecilkan perut buncit dengan cepat.

Pasalnya, jenis minuman bersoda mengandung gas yang lama kelamaan akan membuat perutmu melebar. Sedangkan minuman beralkohol juga cenderung membuat tubuh menjadi malas dalam membakar lemak.

11. Rutin minum teh hijau

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi teh hijau (pixabay.com/apple deng)

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bernama katekin. Kandungan tersebut dipercaya bermanfaat untuk melawan lemak perut. Mulai sekarang kamu bisa rutin mengonsumsi teh hijau. Terlebih akan sangat bagus jika meminum teh hijau sebelum olahraga.

12. Sering mengonsumsi jahe

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!Ilustrasi wedang jahe (IDN Times/Umi Kalsum)

Jangan salah, jahe bukan hanya sebagai penghangat badan di saat cuaca dingin, tetapi juga termasuk cara mengecilkan perut pada pria yang bisa diandalkan. Jahe memang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan kembung, hingga membuang gas berlebih di sistem pencernaan.

Kamu bisa mencoba meminum jahe secara rutin dengan memarut sedikit jahe. Kemudian campurkan ke 1 gelas teh hijau. Kamu juga bisa merebus akar jahe dan menjadikannya teh jahe.

Baca Juga: 10 Makanan Enak Pengganti Nasi untuk Diet, Anti Perut Buncit!

13. Jangan makan berat saat malam hari

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi makan malam porsi besar (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Salah satu cara mengecilkan perut buncit pada pria yang tersulit adalah menghindari makan makanan berat di malam hari. Sebab, kulineran di malam hari memang sangat menggoda. Apalagi jika seharian kamu sudah lelah bekerja, lalu pada malam hari lanjut mencari makanan yang mengenyangkan.

Ternyata, kebiasaan itu tidak baik untuk tubuhmu. Saat tidur, tubuh bertugas membakar lemak secara alami. Jika kamu makan makanan berat sebelum tidur, maka pembakaran tersebut jadi tidak berjalan maksimal.

Belum lagi jika setelah makan, kamu terbiasa langsung baring atau dalam posisi tidur. Sebab kebiasaan tersebut bisa menyebabkan refluks asam lambung dan gangguan pencernaan.

Solusinya adalah kamu bisa mengonsumsi makanan yang ringan dan sehat dalam jumlah kecil, seperti buah-buahan. Namun, jika terpaksa harus makan berat di malam hari, maka tidurlah 2-3 jam setelah makan. Biarkan perut mencerna makanan terlebih dahulu.

14. Perbaiki jam tidur

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi begadang (Pexels.com/cottonbro)

Istirahat atau tidur tepat waktu juga menjadi faktor dalam menjaga gaya hidup sehat, termasuk menghindari perut buncit. Jika kamu terbiasa tidur larut malam atau begadang, itu akan menyebabkan produksi hormon kortisol menjadi berkurang. Hormon tersebut bermanfaat untuk mencegah stres, sehingga membuat lemak menimbun di perut.

15. Konsumsi air lemon

15 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Pria, Catat Ya!ilustrasi air lemon (unsplash.com/Mariah Hawines)

Buah lemon dipercaya memiliki kekuatan untuk membantu proses detoksifikasi pencernaan dan meningkatkan kinerja organ liver. Otomatis akan membantu sistem pencernaan dengan membuang lemak berlebih dan membuat perut menjadi lebih kecil. Cara mengecilkan perut buncit pada pria yang satu ini bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi segelas air lemon setiap hari.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang 15 cara mengecilkan perut buncit pada pria yang bisa kamu cobain. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut atau ragu lagi dalam berpenampilan di depan orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah Dilakukan, Perhatikan!

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya