Comscore Tracker

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!

Bisa jadi karena salah memilih produk sampo

Apakah saat ini rambutmu terasa kering, rusak, dan mudah patah? Ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut kering, lho. Secara umum, kondisi rambut kering disebabkan produksi minyak yang sedikit, padahal rambut membutuhkannya agar tetap lembap.

Jika sudah seperti itu, biasanya kulit kepala juga ikut mengering. Lebih parahnya lagi, bisa mengelupas dan menjadi masalah ketombe. Oleh sebab itu, perlu diketahui penyebab-penyebab rambutmu menjadi kering dan cara merawatnya. Untuk mengetahuinya, simak penjelasannya di artikel ini sampai tuntas, ya!

1. Salah memilih produk sampo

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!ilustrasi sampo mengandung mawar (pexels.com/Alesia Kozik)

Siapa di sini yang kalau beli sampo cuma memilih asal-asalan atau yang penting ada efek menthol-nya? Mulai sekarang hindari cara seperti itu, ya! Sebab, setiap rambut pasti punya kebutuhannya masing-masing.

Misalnya, jika kamu mengalami masalah rambut kering, kamu bisa mencari produk sampo yang mengandung bahan-bahan untuk melembapkan. Contohnya sampo dengan kandungan Hyaluronic Acid yang bisa mengunci kelembapan rambut.

2. Tinggal di negara beriklim tropis

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!ilustrasi iklim sabana tropis (sciencing.com)

Penyebab rambut kering yang satu ini tentu tidak bisa kamu hindari, kecuali kamu memutuskan untuk pindah dan menetap ke negara dengan iklim yang beda dengan Indonesia.

Perlu diketahui, iklim tropis menjadi salah satu penyebab rambut kering pada seseorang. Sebab sinar matahari yang ekstrem membuat bisa rambut menjadi kasar dan kelembapan udara yang tinggi juga menjadi penyebabnya.

Cara atau solusinya adalah dengan mengurangi intensitas aktivitas di luar ruangan pada siang hari. Jika itu memang pekerjaanmu, maka gunakanlah pelindung kepala, seperti topi, kupluk, scarf, atau payung.

3. Menggunakan alat styling berlebihan

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!Ilustrasi laki-laki menggunakan hair dryer (pexels.com/Jonathan Nenemann)

Buat kamu yang setiap hari menggunakan alat untuk styling rambut, seperti catokan atau hair dryer, cobalah kurangi intensitas penggunaannya. Sebab, panas yang dihasilkan dari penggunaan alat-alat styling bisa merusak dan menyebabkan rambut menjadi kering.

Solusi atau cara merawatnya adalah dengan mengurangi penggunaannya hanya satu kali seminggu. Setelah itu, jangan lupa gunakan produk heat protection rambut supaya menjaga agar tidak rusak.

4. Tubuh yang malnutrisi

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!ilustrasi nafsu makan yang turun (freepik.com/8photo)

Penyebab rambut kering tidak hanya berasal dari luar tubuh, melainkan bisa juga dari dalam. Hal itu bisa terjadi ketika tubuhmu kekurangan nutrisi atau malnutrisi. Bahkan, malnutrisi bukan hanya berpengaruh pada rambut, tapi juga pada anggota tubuh lainnya. MIsalnya, bibir pecah-pecah, kulit kering dan tampak tidak sehat, dan sebagainya.

Cara merawatnya adalah mulailah perbanyak konsumsi makanan yang tinggi kalsium, zat besi, dan vitamin B kompleks. Protein hewani yang bisa kamu konsumsi antara lain ikan sarden, ikan salmon, ikan tuna, kerang, kepiting, hingga daging sapi.

5. Tidak menggunakan kondisioner

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!Ilustrasi kondisioner (pexels.com/@cottonbro)

Salah satu kebiasaan yang biasanya dilakukan orang-orang adalah malas menggunakan produk kondisioner. Padahal, kondisioner berperan penting untuk memberi kelembapan dan menghaluskan rambut setelah keramas.

Mulailah rutin menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas. Banyak produk kondisioner yang bertebaran dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

6. Sering terkena air yang mengandung klorin

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!ilustrasi seorang laki-laki sedang berenang (unsplash.com/Jeremy Bishop)

Kalau penyebab rambut kering yang satu ini biasanya sering dialami oleh orang yang gemar berenang. Biasanya air di kolam renang sudah dicampur dengan klorin. Tujuannya untuk menjernihkan dan membersihkan air dari bakteri.

Nah, kandungan klorin tersebut ternyata bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Lama-kelamaan bisa menyebabkan rambut rusak dan mudah patah.

Solusinya adalah kamu bisa menggunakan swimming cap atau topi khusus renang untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari klorin. Setelah berenang, pastikan kamu langsung keramas untuk membersihkan sisa-sisa klorin di rambutmu. Setelah itu, jangan lupa gunakan produk kondisioner untuk melembapkan rambutmu.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan, Mudah dan Ampuh!

7. Punya penyakit tertentu

Kenali 7 Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya, Catat!Ilustrasi hipotiroid (freepik.com)

Penyebab rambut kering yang terakhir adalah penyakit tertentu yang dialami seseorang. Misalnya, sindrom menkes, yaitu kondisi ketika sel dalam tubuh seseorang tidak bisa menyerap zat besi.

Selain itu, hipoparatiroidisme, yakni kondisi yang menyebabkan kelenjar di leher memproduksi hormon paratiroid secara berlebihan, sehingga bisa menurunkan kadar kalsium dalam darah.

Kebalikan dari kondisi tersebut juga bisa menjadi penyebab rambut kering, yaitu hipotiroidisme. Kondisi itu menyebabkan kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon tiroid yang diperlukan tubuh.

Konsultasikan ke dokter jika kamu merasa sudah melakukan berbagai perawatan rambut dan menjaga gaya hidup, tetapi hasilnya masih sama saja.

Itulah tadi tujuh penyebab rambut kering pada seseorang. Kamu harus pandai-pandai merawat tubuh, termasuk rambut. Misalnya dengan menjaga gaya hidup, pola makan, dan melakukan berbagai perawatan diri.

Baca Juga: 8 Kondisioner Rambut Pria Terbaru dan Terbaik, Cek di Sini

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya