Comscore Tracker

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Pria

#IDNTimesMen biar bikin penampilanmu makin rapi dan memikat

Ikat pinggang biasanya dipakai sebagai penahan celana agar tidak melorot. Ikat pinggang juga bisa mendongkrak penampilanmu jadi lebih keren, lho. Akan tetapi, terkadang beberapa pria bingung memilih jenis ikat pinggang ketika akan beraktivitas. 

Nah, biar kamu tak bingung, berikut lima jenis ikat pinggang yang bisa kamu pakai dan koleksi untuk menunjang penampilanmu, Bro. Check this out.

1. Suede

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Priaunsplash.com/Asiya Kiev

Ikat pinggang berjenis suede ini memiliki tekstur yang halus dan memberi kesan mewah pada penampilan. Ikat pinggang suede cocok kamu kenakan saat acara formal maupun acara semi-formal. Namun, kamu juga harus bisa merawat ikat pinggang bahan suede yang rentan terhadap debu atau kotoran.

Bersihkan ikat pinggang berbahan suede dengan kain basah secara perlahan. Jangan membiarkannya berada di bawah terik sinar matahari langsung saat dijemur, karena bisa menyebabkan bahan suedenya menjadi rapuh. 

2. Fabric

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Priaunsplash.com/Muhammad Ali Abbas

Memakai ikat pinggang dari bahan kulit yang kaku memang sering bikin gak nyaman. Kalau begitu, kamu bisa mengenakan ikat pinggang fabric untuk gaya santai sehari-hari. Ikat pinggang ini terbuat dari bahan seperti kain atau benang tebal yang membuat modelnya lebih chic dan gak terlalu formal.

Karena lebih lentur, ikat pinggang ini juga bisa kamu pakai untuk beraktivitas seharian penuh. Dijamin kamu bakalan nyaman dan penampilanmu jadi kian on point.  

Baca Juga: Bro, Inilah 5 Tips Penting untuk Merawat Ikat Pinggang Kesayanganmu

3. Woven

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Priaunsplash.com/Charbel Aoun

Kamu ingin tampil berbeda dari penampilan yang biasanya? Ikat pinggang woven cocok banget untuk kamu coba. Woven merupakan jenis ikat pinggang yang dibuat menyerupai anyaman atau rajutan dari berbagai bahan, misalnya kulit sintetis.

Ikat pinggang ini bisa menjadi highlight dari keseluruhan OOTD kamu, Bro. Biasanya ikat pinggang ini dipakai ketika ingin bergaya vintage. Matching abis!

4. Formal

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Priaunsplash.com/itay verchik

Seperti namanya, jenis ikat pinggang ini umumnya dipakai saat acara formal, seperti pesta pernikahan, bekerja di kantor, atau momen penting lainnya. Terbuat dari bahan kulit yang tebal, ikat pinggang ini memiliki beberapa variasi. Seperti, polos tanpa jahitan tepi atau bermotif dengan jahitan di bagian tepinya.

Pemakaian ikat pinggang formal berbahan kulit ini biasanya disesuaikan dengan jenis sepatu kulit yang dipakai. Sedangkan bagian stainless kepala ikat pinggangnya disesuaikan dengan jam tangan yang dikenakan.

5. Kasual

Catat! Ini 5 Jenis Ikat Pinggang yang Wajib Dikoleksi Para Priaunsplash.com/Michael Rodichev

Ikat pinggang kasual terbuat dari kulit lentur yang lebih tipis dari ikat pinggang formal. Model kasual ini cenderung berwarna-warni, karena sesuai dengan jenis outfit yang ingin dikenakan. Warna putih menjadi salah satu pilihan ikat pinggang kasual yang paling cocok untuk mendongkrak penampilanmu. 

Mulai sekarang, kamu gak perlu bingung lagi Bro, untuk menentukan jenis ikat pinggang yang kamu pakai. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Mulai Rp100 Ribuan, 9 Rekomendasi Ikat Pinggang dari Brand Lokal

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya