Comscore Tracker

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!

Beli sarung juga ada caranya!

Sarung merupakan aksesori ibadah yang banyak dipakai oleh kaum pria. Selain itu sarung juga sering kali dipakai sebagai pengganti celana ketika bersantai di rumah. Dengan berkembangan zaman, sarung kini memiliki beragam motif, warna, bahan, dan model yang bisa disesuaikan dengan beragam kegiatan baik itu peribadatan, acara formal ataupun untuk hang out.

Selama bulan puasa ini tentu permintaan sarung meningkat karena kebutuhan akan pakaian peribadah yang besar. Namun tidak banyak oang tahu bahwa membeli sarung itu ada caranya agar tidak salah beli. Berikut adalah lima tips memilih sarung agar nyaman dipakai. Simak sampai selesai!

1. Perhatikan corak dan warna sarung

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!ilustrasi sarung (tokopedia.com)

Ketika menilai sesuatu termasuk sarung, tentu hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah penampilannya, dalam hal ini adalah motif atau coraknya. Sekarang sarung memiliki tiga model yang bisa kalian pilih yaitu motif baik, polosan, dan bercorak.

Buat kalian yang suka dengan budaya Indonesia sarung bermotif batik bisa jadi pilihan terbaik. Kemudian bagi yang suka tampil sederhana sarung bermotif polos dengan warna netral tentu akan menunjang penampilan kalian. Dan, terakhir untuk anak muda biasanya cocok memakai batik dengan banyak corak dan warna yang menarik.

2. Pilih bahan sarung sesuai dengan kegunaan

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!ilustrasi sarung (tokopedia.com)

Salah satu faktor penentu kenyamanan memakai sarung adalah jenis bahan yang digunakan. Bahan sarung sendiri sebetulnya terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu premium, menengah, dan ekonomis.

Untuk kain premium biasanya terbuat dari bahan kain tenun, tetoron rayon, dan sutra. Bahan ini biasanya digunakan untuk oleh pemuka agama atau pejabat pada acara penting. Kemudian bahan kelas menengah yang berbahan kain katun yang halus dan lembut. Kain inilah yang banyak dipakai di banyak merek sarung terkemuka di Indonesia. Terakhir ada kain ekonomis yang memiliki karakter kain yang licin dan mudah merosot saat dipakai.

3. Periksa kualitas jahitan dan kerapatan benangnya

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!ilustrasi sarung (tokopedia.com)

Apabila kalian membeli sarung secara langsung di toko, tidak ada salahnya untuk mengecek kualitas jahitan pada sarung akan dibeli. Semakin bagus jahitan dan kerapatan benangnya tentu akan membuat sarung menjadi lebih awet saat dikenakan. 

Tentu akan sangat sulit ketika kalian membeli secara online. Namun tak perlu khawatir, agar tetap bisa mendapatkan sarung berkualitas kalian bisa membeli sarung di akun official store-nya agar terjamin mutunya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sarung Batik Terbaik, Elegan dan Harga Terjangkau!

4. Perhatikan cara merawat sarung 

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!ilustrasi sarung (tokopedia.com)

Kain sarung biasanya memiliki cara perawatan yang berbeda-beda tergantung bahan yang digunakan. Maka dari itu sebelum membeli pastikan kalian paham bagaimana cara merawat atau mencuci sarung yang sudah kalian pilih.

Karena ada beberapa sarung yang memang hanya disarankan untuk dry cleaning dan ada juga yang memang bisa dicuci dengan air. Ketika mencuci pastikan kalian tidak mencampur dengan pakaian lainnya agar tidak luntur dan melunturi.

5. Tentukan model sarung sesuai dengan selera

5 Tips Memilih Kain Sarung biar Nyaman dan Awet Saat Dipakai, Simak!ilustrasi sarung (tokopedia.com)

Terakhir adalah menentukan model sarung yang akan sesaui dengan selera dan kebutuhan kalian. Sarung sendiri pada umumnya berbentuk persegi panjang, namun dalam perkembanganya sarung juga ada yang memiliki model celana.

Sarung modela celana ada karena banyak orang yang tidak bisa menggunakan sarung dengan baik dan menginginkan kepraktisan. Secara kerapian tentu sarung konvensional akan lebih baik jika dibandingkan sarung celana dan lebih banyak dipakai saat acara formal.

Dengan mengetahui lima cara memilih kain sarung yang tepat, tentu kalian akan bisa mendapatkan sarung yang berkualitas, nyaman dan awet saat dipakai. Selamat berbelanja!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Songkok Hitam Terbaik, Harga Terjangkau!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya