Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!

Bukan cuma untuk menunjang penampilan 

Sepatu menjadi item fashion yang cukup digandrungi masyarakat. Bahkan, beberapa ada yang mengoleksi sepatu sampai berderet memenuhi rak. Tapi jika kamu sosok yang bijaksana, tentunya bisa melihat sepatu dari sudut pandang yang lain.

Keberadaan sepatu bukan semata-mata barang fashion. Tapi juga memiliki beragam pelajaran hidup yang bisa dipetik. Mulai dari ketangguhan sampai kesetiaan. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut.

1. Dari sepatu, kamu bisa belajar tentang ketangguhan 

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!ilustrasi sepasang sepatu (unsplash.com/Dominik Martin)

Kamu pasti paham betul dalam menjalani hidup ada banyak tantangan dan juga permasalahan. Dibutuhkan mental tangguh untuk menghadapinya. Apalagi saat kamu terjebak dalam fase-fase tersulit.

Ketangguhan hidup juga bisa kamu lihat dari sepasang sepatu. Benda tersebut selalu siap melewati berbagai rintangan. Meskipun harus melewati jalanan berliku maupun curam dan berbatu, tapi ia selalu siap sedia.

2. Sepasang sepatu ternyata juga mengajarkan kesetiaan 

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!ilustrasi sepasang sepatu (unsplash.com/JULIAN ALEXANDER)

Hampir semua orang pasti pernah mendengar tentang kesetiaan. Tapi tidak jarang kita kebingungan akan makna kesetiaan yang sebenarnya. Bahkan, menjadi sosok egois yang hanya mementingkan diri sendiri.

Alangkah baiknya kamu melihat kembali pada sepatu. Sepasang benda ini pada kenyataannya mengajarkan kesetiaan. Ia selalu menemani kemana saja langkah kaki pergi. Sekalipun jalan yang dilewatinya tidak mudah.

3. Dari sepatu, kamu juga bisa belajar mengenai standar versi diri sendiri 

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!ilustrasi sepasang sepatu (unsplash.com/Daria Nepriakhina)

Kebanyakan dari kita susah menetapkan standar versi diri sendiri. Kamu selalu terpaku dengan tuntutan orang lain. Padahal apa yang dipaksakan oleh orang lain belum tentu baik bagi dirimu.

Dari sepatu inilah kamu juga bisa belajar tentang standar versi diri sendiri. Kamu tidak bisa memaksakan sepatu kaki kiri untuk kaki kanan, dan juga sebaliknya. Begitu juga menjalani kehidupan, kamu tidak bisa memaksakan standar orang lain pada dirimu dan juga sebaliknya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Sepatu Terbaik, Bikin Sepatu Kinclong!

4. Sepatu juga menggambarkan tentang pentingnya meraih tujuan secara bersama 

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!ilustrasi sepasang sepatu (unsplash.com/Fachry Zella Devandra)

Sisi egois manusia selalu mendominasi diri. Apalagi dalam hal meraih tujuan. Kebanyakan dari kita berjalan masing-masing tanpa mau bekerja sama. Bahkan saling menjatuhkan satu sama lain.

Kalau kamu termasuk individu yang demikian, mulai sekarang belajarlah dari sepatu. Kedua benda tersebut selalu berjalan seirama untuk meraih tujuan yang dimaksud. Tanpa menjegal ataupun menginjak satu sama lain.

5. Dari sepatu kamu juga belajar bahwa perbedaan sejatinya saling melengkapi 

5 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Sepatu, Banyak Filosofinya!ilustrasi sepasang sepatu (unsplash.com/Jayson Hinrichsen)

Terkadang perbedaan menjadi alasan mengapa seseorang berselisih. Kamu memaksakan orang harus sepaham dengan dirimu, begitupun sebaliknya. Kamu tidak menyadari bahwa perbedaan sejatinya saling melengkapi.

Padahal pelajaran hidup ini sudah disajikan oleh sepatu. Tinggal kamu mau memetiknya atau tidak. Antara sepatu kanan dan sepatu kiri sudah tentu memiliki bentuk berbeda sesuai fungsinya. Tapi perbedaan itulah yang bisa melengkapi untuk meraih tujuan.

Jika kamu sosok yang cermat, tentunya bisa memahami pelajaran hidup dari sepatu dengan baik. Sepatu bukan hanya barang fashion yang digunakan untuk menunjang penampilan. Tapi juga sarat akan makna hidup yang bisa dipetik dan dijadikan pelajaran.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya