Comscore Tracker

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!

Apalagi kalau sepatumu mahal~

Bagi cowok, sepatu bisa jadi salah satu item fashion yang paling penting. Tak hanya berfungsi sebagai alas kaki, tetapi sepatu juga menentukan keserasian cowok dalam berpenampilan. Selain itu, sepatu yang bagus dan pas akan menambah rasa percaya diri bagi para cowok.

Namun meski item fashion yang satu ini sebenanya sangat penting, tenyata tidak banyak orang yang peduli dengan urusan merawat sepatu. Lantaran sibuk atau malas, sepatu pun hanya dicuci sesekali dan hanya disimpan saja. Padahal, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk merawat sepatu, tentunya agar tetap besih dan awet. Gimana caranya? Yuk, simak!

1. Sebaiknya, gunakan sepatu secara bergantian

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!kingssleeve.com/

Agar sepatu tetap awet, usahakan untuk tidak memakai sepatu yang sama setiap harinya. Pasalnya, sepatu yang dipakai setiap hari akan lebih mudah rusak terutama pada bagian sol sepatu, sekaligus menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, memakai sepatu yang sama terus-menerus pastilah membuat penampilan kamu tampak membosankan. Akan lebih baik jika sepatu digunakan secara bergantian dan tidak salah satu saja. Itulah salah satu cara mudah untuk menjaga agar sepatu tetap awet.

2. Gunakan penghapus untuk membersihkan sepatu sneakers

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!unsplash.com/Lefteris kallergis

Cara mudah lainnya untuk membersihkan sepatu adalah dengan menggunakan karet penghapus. Khususnya untuk sepatu sneakers, bagian bawah sepatu yang umumnya berwarna putih tentu mudah terkena kotoran.

Nah salah satu trik mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan penghapus yang digosok-gosokkan. Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah membersihkan sepatu dengan hasil yang memuaskan tentunya.

3. Gunakan sikat gigi berbulu halus untuk sepatu berbahan suede

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!insidehook.com/

Bagi kamu penggemar sepatu berbahan dasar suede, bisa juga menggunakan trik yang satu ini. Yup! Caranya adalah dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus agar sepatu suede kamu tidak mudah rusak.

Caranya, cukup semprotkan spray khusus pembersih benda-benda berbahan suede, lalu gosok menggunakan sikat secara perlahan-lahan. Kotoran yang menempel  di sepatu pun akan mudah terangkat dan sepatu kembali bersih.

Baca Juga: Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Cerdas Saat Memilih Sepatu!

4. Perhatikan tempat kamu meletakkan sepatu

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!earlyexperts.net/

Salah satu yang juga tidak boleh lalai untuk diperhatikan adalah tempat kamu meletakkan sepatu. Khususnya saat sepatu dalam keadaan basah sehabis terkena air hujan misalnya, sebaiknya jauhkan sepatu kamu dari sumber panas. Tempat-tempat yang wajib dihindari misalnya area belakang kulkas atau di dekat kompor.

Cara tepat untuk mengeringkannya adalah dengan menggunakan lap saja. Selanjutnya, taruh sepatu dalam suhu ruangan dan biarkan mengering dengan sendirinya. Setelah itu, gunakan koran bekas sebagai shoe tree atau sumbat yang akan berfungsi menyerap kelembaban sepatu.

5. Gunakan shoe horn agar sepatu tidak terinjak-injak

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!thread.com/

Tata cara menyimpan sepatu tentunya menjadi sangat penting. Apalagi jika kamu memiliki banyak koleksi sepatu dengan kualitas baik dan bahkan harga yang mahal. Sebaiknya, gunakan shoe horn saat menyimpan atau meletakkan sepatu-sepatu kesayangan kamu. Hal ini bertujuan agar sepatu tidak mudah rusak karena sering terinjak-injak oleh orang lain.

6. Gunakan shoe tree agar bentuk sepatu terjaga

Cowok Wajib Tahu, Ini 6 Tips Merawat Sepatu Supaya Bersih dan Awet!allthingsfoot.com/

Menggunakan shoe tree adalah cara untuk menjaga bentuk sepatu. Selain itu, shoe tree juga dapat membantu menyerap aroma tak sedap di dalam sepatu sekaligus untuk menjaga kelembabannya. Shoe tree sudah banyak di jual di toko-toko sepatu saat ini. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan koran bekas yang diremas kemudian dimasukkan ke dalam sepatu.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat sepatu bagi para cowok agar sepatumu tetap bersih dan awet. Mulai sekarang, jangan malas ya buat menerapkan tips-tips di atas. Selamat mencoba, boys!

Baca Juga: 5 Tips Packing Sepatu buat Liburan, Menjaga Penampilan Selalu Kece

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya