Comscore Tracker

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!

Kamu bisa menggunakan alat-alat di sekitarmu

Tidak hanya baju basah, sepatu basah pun bisa menjadi masalah yang sering dihadapi ketika musim hujan. Matahari yang tak kunjung muncul dengan sempurna menjadikan sepatu tak mudah kering dan menjadi lembab. Akhirnya berpotensi menimbulkan bau yang tak sedap.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengetahui cara mengeringkan sepatu dengan cepat dan hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Apa saja caranya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Microwave

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi microwave (unsplash.com/Lissete Laverde)

Tidak hanya berguna untuk menghangatkan berbagai makanan, ternyata kamu dapat menggunakan microwave untuk membuat sepatu basahmu cepat kering. Meskipun cara mengeringkan sepatu dengan cepat ini agak aneh, namun bisa kamu jadikan alternatif.

Alat ini dapat membantu menguapkan kandungan air yang terdapat di sepatumu. Kamu dapat memasukkannya selama 15-30 menit dengan menggunakan suhu sedang.

Namun, sebaiknya kamu tidak meninggalkannya karena dikhawatirkan sepatu menjadi rusak, yang disebabkan terlalu lama atau terlalu panas di dalam microwave.

2. Pengering mesin cuci

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi mesin cuci (unsplash.com/Oli Woodman)

Cara mengeringkan sepatu dengan cepat selanjutnya, kamu dapat memakai pengering pada mesin cuci untuk menjadikan sepatu basahmu mengering. Namun, perlu kamu ketahui bahwa sepatu yang dapat dikeringkan di mesin cuci hanyalah model sepatu tertentu. Misalnya yang terbuat dari bahan kanvas, sintetis, katun dengan sol yang tak keras dan tak terbuat dari gel.

Bila sepatu basahmu tidak termasuk dalam kategori spesifikasi tersebut, maka kamu disarankan untuk tidak melakukan cara ini. Sebab tidak hanya bisa merusak sepatumu, tetapi juga mesin cucinya.

Di samping itu, kamu juga sebaiknya memberikan alas untuk mesin pengering dengan menggunakan beberapa handuk yang agak dibasahi. Selain itu, sepatu sebaiknya dimasukkan ke dalam kantung jaring supaya lebih aman.

3. Kipas angin

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi kipas angin (unsplash.com/Akshar Dave)

Jika kamu memiliki kipas angin lantai atau kipas angin meja, kamu dapat memakainya sebagai alat untuk mengeringkan sepatu. Sebaiknya memakai kipas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sepatumu, supaya lebih optimal.

Kamu dapat membuat sepatu kering dengan cara menggantung sepatu di sela-sela jeruji kipas angin dengan memakai kaitan. Selain itu, kamu dapat pula menaruhnya di lantai kemudian mengarahkan kipas angin ke bawah.

4. Koran

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!Ilustrasi koran (Pexels.com/Digital Buggu)

Jika kamu memiliki koran yang tak terpakai, kamu dapat menggunakannya untuk mengeringkan sepatu. Namun, jangan memakai koran dengan banyak gambar, apalagi dengan gambar yang berwarna hitam. Sebab tintanya bisa terserap ke sepatu dan menjadikan sepatumu hitam.

Kamu bisa memilih koran yang agak bersih dari tulisan dan gambar. Kemudian gulung, dan remas koran menjadi bentuk bola, lalu masukkan ke dalam sepatu. Ulangi sampai sepatu benar-benar terisi penuh. 

Setelah terisi penuh, bungkuslah sepatu dari luar memakai koran juga. Selanjutnya, kamu dapat mengikatnya memakai tali atau karet supaya koran tak berpindah posisi.

5. Hair dryer

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi hair dryer (pexels.com/Element5 Digital)

Cara mengeringkan sepatu dengan cepat berikutnya adalah dengan menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Angin yang dikeluarkan oleh alat ini bisa membantu mengeringkan sepatu yang basah dengan mudah.

Namun, jika lama-lama menggunakan hair dryer tentu akan memakan daya listrik yang cukup besar.

6. Handuk

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!Ilustrasi handuk (Pexels/Dom J)

Cara yang paling simpel dan sederhana adalah mengeringkannya dengan handuk. Kamu bisa menggunakan handuk mandi yang berukuran besar agar sepatu yang basah bisa lebih cepat kering.

Kamu tinggal menekan-nekan sepatu dengan handuk kering. Kamu juga bisa memasukkan handuk tersebut ke dalam sepatu atau membalutnya agar seluruh permukaan sepatu terkena handuk.

7. Kulkas

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi kulkas (unsplash.com/nicotitto)

Cara mengeringkan sepatu dengan cepat yang satu ini mungkin terdengar agak unik dan nyeleneh. Namun, tidak ada salahnya mencoba cara ini, lho.

Caranya adalah menggunakan bagian freezer pada kulkas. Sebelum itu, kosongkan dulu bagian freezer untuk berjaga-jaga kalau nanti akan memengaruhi makanan yang ada di dalamnya.

Kemudian bungkus sepatu dengan plastik dan letakkan di freezer selama beberapa jam.

8. Vacuum cleaner atau penyedot debu

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!Ilustrasi vacuum cleaner (pixabay.com/stevepb)

Kalau kamu memiliki alat penyedot debu di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan sepatu yang basah. Sebelum itu, bersihan dan kosongkan dulu debu yang tersimpan di dalam vacuum cleaner atau penyedot debu.

Kemudian arahkan selang penyedot debu ke arah sepatu yang basah atau ke dalam sepatu. Lakukan secara menyeluruh agar keringnya merata.

9. Tisu kering

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!ilustrasi tisu (freepik.com/spukkato)

Cara mengeringkan sepatu dengan cepat dan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan tisu. Apalagi tisu bisa dibawa ke mana-mana, sehingga ketika kamu sedang di luar rumah dan sepatumu basah, kamu bisa langsung mengeringkannya.

Namun, mengeringkan sepatu menggunakan tisu kering yang biasa akan lebih boros karena sangat mudah menyerap air dan sangat tipis. Kamu bisa menggunakan tisu WC yang cukup tebal dan dirancang khusus menyerap air yang banyak. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau.

10. Beras

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!Beras (freepik.com/jcomp)

Ternyata beras dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu, lho! Caranya kamu tinggal masukkan sepatu ke dalam wadah besar yang telah berisi beras.

Kemudian tutup wadah agar area sepatu yang basah cepat mengering. Namun, sebelumnya kamu sebaiknya mengeringkan sepatu sedikit dulu ya, agar beras tak cepat melekat di sepatu basahmu.

11. Pengering sepatu elektrik

11 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Dijamin Anti Bau!Pengering sepatu elektrik (lazada.co.id)

Sekarang sudah banyak produk pengering sepatu elektrik yang dijual di pasaran. Kamu bisa menemukannya di berbagai marketplace atau e-commerce.

Alat pengering sepatu elektrik memang dirancang untuk mengeluarkan udara panas yang efektif mengeringkan sepatu. Untuk mengeringkan sepatu dalam keadaan basah hingga benar-benar kering akan memakan waktu sekitar 3 jam. Namun, jika sepatumu hanya lembap, alat ini bisa mengeringkannya dalam waktu 1 jam saja.

Nah, itulah 11 cara mengeringkan sepatu dengan cepat dan tidak meninggalkan bau apek. Kamu tidak perlu khawatir lagi saat musim hujan, nih!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Sepatu Supaya Awet Sesuai Bahan, Jangan Keliru!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan
  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya