Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!

Sepatu orisinal jauh lebih berkualitas

Puma menjadi salah satu merek sepatu olahraga dan lifestyle yang cukup laris di pasaran Indonesia. Desainnya yang sporty banget, serta daya tahan, dan nama besar Puma yang sudah mendunia menjadikan merek yang satu ini banyak diminati para cowok Indonesia.

Sayangnya semakin banyak peminatnya, sepatu Puma juga terlihat banyak beredar versi palsu atau KW-nya. Semakin canggihnya teknologi, sepatu Puma KW terlihat sangat mirip yang asli. Namun kamu jangan khawatir untuk membedakan sepatu Puma orisinal dengan KW, karena IDN Times bakal berikan cara-cara membedakan sepatu Puma orisinal dengan KW lho.

Penasaran apa saja yang bisa kamu cek untuk mendapatkan sepatu Puma yang orisinal? Simak penjelasannya di bawah ini ya, Bro!

1. Cek harga yang ditawarkan

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!Ilustrasi sepatu Puma (pexels/Nathan J Hilton)

Karena Puma merupakan sebuah merek yang besar di dunia sepatu internasional, maka harga yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitas yang dimiliki. Sepatu Puma orisinal biasanya dibanderol mulai harga Rp600 ribuan ke atas. 

Sebagai gambaran, Puma Suede yang merupakan seri sepatu Puma paling ikonik memiliki harga resmi mulai dari Rp1,3 jutaan. Sehingga jika kamu mendapati sepatu Puma harganya terlampau jauh di bawah harga rata-rata sepatu Puma orisinal, maka kamu patut waspada produk tersebut adalah sepatu Puma KW, Bro!

2. Sepatu Puma orisinal punya label khusus anti pemalsuan

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!Ilustrasi sepatu Puma (unsplash/Maria Fernanda Pissioli)

Usaha untuk menekan produk KW dilakukan oleh Puma dengan membuat label khusus yang menandakan produknya orisinal. Tanda khusus ini berupa pita berwarna perak yang mirip seperti tanda pada uang kertas. Selain itu kamu juga bisa mengecek di bagian lidah sepatu, Puma yang orisinal biasanya memiliki tulisan 'Official Licensed FI Products' yang menandakan produk tersebut adalah produk resmi.

Ditambah lagi, Puma memiliki kombinasi warna pada labelnya yang menunjukkan tempat pembuatan sepatu Puma. Warna tersebut berupa hitam, merah, biru, dan hijau. Kombinasi warnanya bisa berbeda sesuai dengan tempat pembuatan sepatu.

3. Cek kerapian logo Puma

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!Ilustrasi sepatu Puma (unsplash/The DK Photography)

Sepatu Puma orisinal memiliki logo yang di tempatkan di beberapa sudut. Di antaranya di badan sepatu, tumit, lidah sepatu, dan sol sepatu. Kamu bisa memerhatikan kerapian logo-logo di area tersebut.

Logo sepatu Puma orisinal selalu rapi dan presisi. Kamu bisa memerhatikannya, jika ada logo yang tidak presisi antara sepatu kiri dan kanan, kamu patut curiga terhadap keaslian produk tersebut.

Selain itu, logo pada tumit dan sol sepatu Puma orisinal dibentuk dengan cara dicetak langsung ke bahan sepatu, tidak dicetak ke bahan lain lalu ditempelkan ke sepatu.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sepatu Converse Ori dan KW, Jangan Salah Beli Bro!

4. Cek seri sepatu di website resmi

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!Ilustrasi sepatu Puma (unsplash/Justin Chrn)

Sepatu Puma memang memiliki berbagai seri yang menarik. Saking banyaknya kamu mungkin sulit menghapalkan seri-serinya sehingga bisa terjebak dengan model sepatu Puma KW.

Namun jangan khawatir, kamu bisa dengan mudah mengecek sepatu tersebut orisinal atau KW dengan mengecek nomor serinya di internet. Setiap sepatu memiliki kode yang tercetak di label sepatunya. Ketikkan kode tersebut di Google dan tambahkan kata-kata 'Puma' sebelum kode tersebut, lalu lihat gambar sepatu apa yang muncul.

Gambar sepatu yang muncul seharusnya sesuai dengan jenis sepatu yang sedang kamu cek kodenya. Jika berbeda, ada kemungkinan bahwa produk tersebut KW.

Kamu juga bisa mengecek modelnya di website resmi Puma. Namun cara ini hanya berlaku jika sepatu yang ingin kamu cek adalah sepatu keluaran terbaru atau sepatu yang masih diproduksi hingga saat ini.

5. Puma punya boks sepatu khusus yang berbeda

5 Cara Ampuh Membedakan Sepatu Puma Ori dan KW, Catat Bro!Ilustrasi boks sepatu Puma (fuseproject.com)

Puma ternyata menjadi salah satu merek yang peduli dengan lingkungan. Sepatu Puma orisinal memiliki boks unik yang disebut Puma Clever Little Bag, di mana boks sepatunya dibuat dengan bahan seminimal mungkin untuk mengurangi sampah. Boks sepatu Puma hanya terbuat dari beberapa bagian kardus tipis yang dilapisi oleh kantung dengan bahan daur ulang, sehingga pembeli tak perlu lagi menggunakan kantung plastik. Kantung daur ulang ini bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan membawa barang-barang lain.

Nah, jika kamu tidak menemukan sepatu Puma menggunakan boks ini, maka kamu patut waspada dengan keaslian sepatunya, ya Bro. Namun, kamu juga perlu memerhatikan tanggal produksi sepatunya, karena boks ini baru mulai digunakan Puma dari tahun 2010. Jadi masih ada kemungkinan sepatu Puma tanpa boks seperti ini orisinal jika diproduksi sebelum tahun 2010.

Kini kamu sudah gak bingung lagi untuk mencari sepatu Puma orisinal bukan, Bro? Jangan sampai salah, ya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya