Comscore Tracker

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan Bahannya

Masing-masing bahan sneakers punya perlakukan berbeda, lho

Sneakers kini menjadi pilihan para cowok untuk menemani aktivitas sehari-harinya. Sneakers memang nyaman digunakan dan cocok untuk berbagai kegiatan yang dilakukan cowok. Dari berbagai kegiatan tersebut tentu sneakers bisa menjadi kotor dan butuh cara membersihkannya dengan benar sesuai bahannya.

Ya, sneakers yang beredar di pasaran saat ini memiliki berbagai bahan yang harus dicuci dengan benar. Jika tidak, maka sneakers kesayanganmu akan rusak ketika dicuci.

Biar gak salah saat mencuci sneakers kesayanganmu, IDN Times berikan tips mencuci sneakers berdasarkan bahannya. Yuk, simak di bawah ini.

1. Sneakers berbahan kanvas

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Thuan Pham

Sneakers berbahan kanvas sangat mudah untuk ditemui. Salah satu contoh bahan kanvas yang paling mudah ditemukan adalah sneakers Converse Chuck Taylor. Nah, dalam mencucinya juga ada tips khusus agar bersihnya bisa maksimal, lho.

Pertama, bersihkan dulu debu atau lumpur yang mengering di sneakers kamu menggunakan sikat sepatu. Lalu, lepas tali sneakers dan rendam tali sneakers di larutan air deterjen. 

Selanjutnya, kamu harus membuat larutan pembersih dengan mencampurkan deterjen yang lembut dengan air, atau kamu juga bisa membuatnya dengan larutan pencuci piring. Cukup 1-2 tutup larutan pencuci piring atau deterjen dicampur dengan 3-4 gelas air bersih.

Perhatikan warna sneakers kanvasmu. Kamu Jangan gunakan deterjen yang mengandung pemutih jika warna sneakers kamu bukan putih.

Lalu, mulai gosok bagian luar sneakers kanvas kamu dengan larutan sabun tersebut menggunakan sikat gigi bekas. Gosok searah hingga bersih.

Kamu kemudian bisa menggosok juga bagian midsole sepatu menggunakan larutan sabun tadi. Untuk membilas, kamu cukup mengusapnya dengan air atau dengan kain basah untuk menghilangkan bekas air sabun. Kamu tak perlu mengguyur sampai basah sneakersmu, karena untuk menghindari lemnya rontok terkena air.

Keringkan dengan diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung atau bisa juga menggunakan kipas angin semalaman.

2. Sneakers bahan mesh

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Joseph Barrientos

Bahan mesh biasanya digunakan untuk sneakers olahraga. Bahan mesh ini ringan dan adem saat dipakai karena ada lubang-lubang kecil untuk aliran udara.

Cara mencucinya tak jauh berbeda dengan cara mencuci sneakers kanvas. Kamu bisa membuat larutan dengan sabun pencuci piring atau deterjen seperti saat mencuci sepatu kanvas.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kelembutan sikat yang digunakan untuk mencuci. Bahan mesh tidak sekuat kanvas, sehingga kamu membutuhkan sikat yang lembut agar tidak merusak bahan mesh sepatumu.

Lakukan seperti pada sneakers kanvas dengan menggosokan sikat yang sudah dilumuri larutan sabun ke badan sepatu dan midsole hingga bersih. Lalu, bilas dengan air atau kain yang sudah dibasahi.

Sebaiknya, kamu bersihkan dulu bagian midsole sneakers sebelum bagian atas sneakers. Alasannya, untuk menghindari bagian atas kembali kotor jika midsole dicuci belakangan.

Keringkan dengan diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung atau menggunakan kipas angin semalaman.

3. Sneakers bahan suede

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Klim Musalimov

Suede menjadi bahan yang nyaman dan elegan saat dipakai. Bahan ini merupakan kulit hewan bagian dalam yang disamak. Sehingga permukaan sepatunya jadi berkesan seperti beludru. Karena dari kulit hewan, kamu gak bisa sembarangan mencuci sneakers suede, lho. Bisa-bisa sneakers suede kesayanganmu jadi rusak.

Kamu perlu membersihkan sneakers suede dengan sikat khusus suede yang beredar di pasaran. Jika gak punya, kamu bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang cenderung kaku.

Lalu, sikatlah permukaan suede dengan searah, jangan bolak balik. Sikat hingga noda hilang.

Jika masih ada noda yang belum hilang, kamu bisa membersihkannya dengan penghapus karet. Gosokkan penghapus karet ke atas noda yang membandel hingga nodanya rontok.

Jika noda masih sulit hilang, gunakan cuka untuk membersihkannya. Caranya, celupkan kain ke cuka dan gosokkan ke nodanya saja. Usahakan untuk tidak terkena bagian sepatu yang telah bersih. Lalu biarkan kering.

Membersihkan sneakers suede cukup hanya dengan cara kering untuk menghindari suede rusak karena terkena air.

4. Sneakers bahan leather

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Errant Official

Sneakers berbahan leather memang keren. Sneakers leather terlihat mewah dan juga awet karena gak mudah robek. Sneakers leather perlu dibersihkan secara berkala agar tetap terlihat mewah. Namun, membersihkannya juga ada cara khususnya, lho, Bro.

Kamu butuh membuat larutan sabun atau deterjen. Lalu, sikatlah bagian luar sneakers leather kamu dengan sikat yang sudah dibasahi air sabun. Sikat dengan gerakan memutar. Setelah itu, keringkan dengan mengelapnya memakai kain lap kering.

Jika sneakers leather milikmu berwarna putih, kamu juga bisa lho, menggosoknya menggunakan pasta gigi. Tekstur pasta gigi yang padat bisa membantu mengangkat noda membandel. Apalagi, pasta gigi juga memiliki kandungan pemutih yang membantu memutihkan sneakers leather kamu.

5. Sneakers bahan leather sintetis

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Matias Ilizarbe

Sneakers berbahan leather memang keren. Namun, harganya juga cenderung mahal. Tapi, kamu tak perlu khawatir, ada alternatif lain yaitu, sneakers dengan bahan leather sintetis. Memiliki harga yang lebih murah, keawetan dan penampilan fisiknya memang tak sebagus leather asli. Jika kamu membeli sneakers jenis ini juga harus perhatikan bagaimana cara mencucinya. 

Untuk membersihkannya, kamu bisa membuat larutan sabun dengan satu sendok makan deterjen dan beberapa gelas air bersih. Masukkan kain bersih ke dalam larutan yang kamu buat itu.

Peraslah kainnya, lalu seka kain ke bagian yang kotor di sneakers berbahan leather sintetis milikmu dan gosok dengan lembut. Keringkan menggunakan kain bersih atau bisa juga memakai hair dryer dengan angin yang dingin.

Hindari penggunaan air berlebihan pada bahan leather sintetis. Selain itu, jangan jemur langsung sneakers leather sintetis di bawah terik matahari saat masih basah. Ini karena, leather sintetisnya bisa pecah-pecah.

6. Sneakers bahan nubuck

Catat Bro, Ini 6 Tips Mencuci Sneakers Cowok Sesuai dengan BahannyaUnsplash/Alex Person

Nubuck sekilas mirip dengan suede. Namun, yang membedakan adalah bagian kulit sapi yang digunakan. Jika suede menggunakan kulit sapi bagian dalam, nubuck terbuat dari kulit sapi bagian luar.

Cara membersihkan sneakers nubuck juga harus dengan cara kering. Karena permukaannya lebih halus dari suede, gosok permukaan sneakers berbahan nubuck dengan kain yang lembut dan kering. Kamu bisa menggosoknya ke berbagai arah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Jika ada noda yang membandel, gosok dengan sikat gigi kering. Jika nodanya susah untuk dibersihkan, kamu bisa menggunakan cuka putih dengan cara menyekanya atau menggosokkannya dengan kain. Lalu biarkan hingga kering.

Sedangkan untuk menjaganya agar gak mudah terkena noda, kamu bisa menyemprotkan cairan khusus untuk nubuck setelah sneakers milikmu bersih. Cairan ini akan membantu menghindarkan sneakers berbahan nubuck kamu dari noda.

Nah, mudah bukan mencuci sneaker berdasarkan bahannya agar tetap awet dan baik saat digunakan? 

Baca Juga: 10 Outfit Lee Min Ho dengan Sneakers, Pesonanya Bikin Melting!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya