Comscore Tracker

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih Kece

#IDNTimesMen bisa tampil stylish dengan baju koko, Bro!

Baju koko menjadi andalan banyak pria untuk tampil keren saat menjalankan ibadah maupun memperingati hari besar umat Islam, seperti Hari Raya Idul Fitri. Karena menjadi item fashion yang digemari banyak pria, model baju koko pun semakin bervariasi. Sehingga, bagi kamu yang suka memakai baju koko, perlu tahu bagaimana cara memilih baju koko yang tepat.

Berikut lima tips untuk memilih baju koko agar penampilanmu kian kece saat bulan Ramadan maupun hari besar umat Islam lainnya. Yuk, simak di bawah ini. 

1. Tetap pastikan ukuran baju koko fit di badan

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih KeceUnsplash/Fadkhera Official

Aturan fit is king tetap berlaku saat memilih baju koko. Karena itulah, kamu harus pastikan baju koko yang kamu pilih sangat pas di badanmu. Baju koko yang kamu pilih jangan sampai kebesaran maupun kekecilan.

Jangan berpikir bahwa baju koko bisa dipakai hingga beberapa waktu ke depan. Karena jika berpikiran seperti itu, kamu nantinya memilih baju koko yang ukurannya lebih besar dari ukuran badanmu. 

Baju koko yang ukurannya pas di badan, bisa bikin penampilanmu lebih maksimal, sehingga membuatmu lebih percaya diri. So, kalau kamu kesulitan menemukan baju koko yang ukurannya pas di badan, kamu dapat membeli baju koko berukuran lebih besar dari badanmu. Namun, jangan sampai lupa untuk membawanya ke tukang jahit untuk dikecilkan sesuai dengan ukuran tubuh kamu, Bro!

2. Pilih baju koko dengan bahan katun agar tidak gerah dipakai seharian

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih KeceUnsplash/Aziz Acharki

Beberapa pria ada yang gemar memakai baju koko untuk beraktivitas seharian. Apalagi, kalau dipakai saat Hari Raya Idul Fitri, kamu akan memakainya seharian penuh. Karena itulah, kamu wajib memilih baju koko yang bahannya bikin nyaman dan gak membuat tubuh cepat gerah. 

Pilihlah baju koko yang bahannya adem dan nyaman dipakai, seperti katun. Kain katun sangat lembut dan memiliki pori-pori, sehingga aliran udaranya mudah bersirkulasi dan membuat tubuh kamu lebih adem.

Bahan katun juga mudah menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dipakai meski di siang hari. Jadi, pilihlah baju koko berbahan katun, ya. 

Baca Juga: Aura Terpancar, 9 Pesona Arya Saloka Pakai Baju Koko  

3. Hindari memilih baju koko dengan bahan yang menerawang

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih KeceUnsplash/Abdulrhman Alkhnaifer

Baju koko identik dengan warna putih. Nah, baju berwarna putih ini biasanya cenderung menerawang. Karena itulah, jangan sampai memilih baju koko yang bahannya menerawang, agar bagian dalam tubuhmu tidak tampak dari luar.

Jika membeli secara online, kamu bisa menanyakan ke penjual atau melihat ulasan orang-orang yang sudah membelinya terkait bahan baju kokonya yang menerawang atau tidak. Jangan sampai lupa lho, Bro.

4. Pilih desain yang minimalis agar selalu bisa dipakai sehari-hari

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih KeceUnsplash/Fadkhera Official

Sebagian besar pria biasanya memakai baju koko tidak pada momen-momen tertentu saja. Mereka menjadikan baju koko sebagai salah satu item fashion yang sering dipakai untuk daily outfit. 

Jika kamu berencana memakai baju koko untuk daily outfit, maka saat membelinya, pilih baju koko yang memiliki desain minimalis. Alasannya, desain minimalis itu cenderung tak lekang oleh waktu. Sehingga, kamu dapat memakainya kapan saja, karena tidak mengikuti tren yang berlalu begitu cepat. 

Meski memakai baju koko yang memiliki desain minimalis, penampilanmu bisa tetap kece kok, Bro. Caranya adalah dengan memadukan baju kokomu bersama aksesori seperti, peci, serban, hingga scraf. Selain itu, kamu juga dapat mengombinasikannya dengan item fashion lainnya. 

5. Jika ingin lebih variatif, cari baju koko dengan bordir yang simpel

5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih KeceUnsplash/Elio Santos

Jika kamu ingin baju koko yang lebih bervariasi, kamu bisa memilih baju koko berdesain minimalis, namun dengan sedikit sentuhan hiasan bordir. Hiasan bordir ini memang khas digunakan di berbagai baju koko lho, Bro.

Namun, agar gak terlalu mencolok, pilih hiasan bordir dengan desain yang simpel. Misalnya, bordirannya ada di ujung pergelangan tangan, atau di bagian kerah baju koko. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kualitas bordirannya. Pilihlah bordir yang halus dan rapi, agar kamu lebih percaya diri saat mengenakan baju kokonya. 

Itulah 5 tips memilih baju koko untuk pria agar tampil lebih kece. Sudah siap tampil kece dengan baju koko, Bro?

Baca Juga: Ide Padu Padan Baju Koko yang Stylish ala Arya Saloka dan 9 Seleb Pria

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya