Comscore Tracker

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baik

Tampil classy dengan suit

Menggunakan suit atau setelan jas untuk acara penting sudah seperti hal wajib untuk para pria. Saat menghadiri acara penting seperti pesta atau rapat kantor, memilih suit yang pas dan sesuai dengan tema acara juga penting untuk diperhatikan.

Biar kamu tampil lebih baik dan elegan dengan suit, berikut ini beberapa tips menggunakan suit  bagi pria yang perlu kamu terapkan. Langsung saja simak artikel berikut ini yuk!

1. Periksa ukuran bahu

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/wayhomestudio)

Hindari memakai jas yang memiliki ukuran bahu lebih besar dari ukuran bahumu. Gunakan jas yang dilengkapi bantalan bahu dan pastikan bantalan berada di ujung bahu agar bahu terlihat lebih tegap. Apa pun dan itu membuat kamu kelihatan terlalu besar, ini akan merusak estetika setelan jas.

2. Perhatikan warna yang akan digunakan

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/rawpixel)

Meskipun hitam tampak seperti warna jas klasik, terkadang warna ini dapat terlihat sedikit mencolok. Jas hitam biasanya dikenakan ketika menghadiri pemakaman atau acara serius lainnya, pilihlah setelan warna arang gelap atau abu-abu.

Navy juga menjadi pilihan bagus lainnya untuk dipakai ke kantor. Pastikan untuk memeriksa warna setelan biru tua dalam berbagai jenis pencahayaan untuk memastikannya tidak terlihat lebih cerah dari yang diharapkan.

3. Gunakan inner yang nyaman

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan kemeja (freepik.com/sewuparistudio)

Menggunakan kaus atau kemeja sebagai dalaman sebelum menggunakan suit dapat menyerap keringat sehingga tidak terkena langsung oleh suit. Pilihlah dalaman yang nyaman untuk kamu kenakan ketika menggunakan suit karena bahannya tidak menyerap keringat.

4. Kancing bagian atas

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/fxquadro)

Biasanya suit didesain dengan memiliki dua hingga tiga kancing saja, namun untuk terlihat lebih baik saat menggunakan suit, cukup kancingkan bagias atas saja. Mengancingkan semua kancing akan terlihat canggung dan terlalu kaku. Jangan pernah mengancingkan kancing paling bawah saja, ini juga akan terlihat aneh.

5. Buka kancing sebelum duduk

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/racoolstudio)

Saat kamu baru pertama kali mengenakan jas, kamu pasti ingin terlihat lebih baik, namun kamu harus tahuh bahwa ada cara berbeda ketika mengenakan jas ketika duduk. Jika kamu akan menghadiri rapat penting dan menggunakan setelan jas dan ingin tampil dengan nyaman, melepaskan suit atau membuka kancing atas suit ketika duduk bisa kamu lakukan.

Faktanya, jika kamu tetap mengenakan suit ketika duduk di acara formal,  pastikan untuk membuka kancing sepenuhnya. Tidak melakukannya akan terlihat buruk untuk penampilan duduk dengan jas berkancing.

Baca Juga: 13 Ide Outfit Formal Member NCT Dream dengan Setelan Jas, Paripurna!  

6. Jangan biarkan kemeja atau manset melewati tangan

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/benzoix)

Walaupun terlihat sepele, namun lengan kemeja merupakan bagian integral untuk membuat terlihat rapi dan berkelas. Inilah sebabnya mengapa kamu harus memastikan bahwa panjangnya tepat dan pas. Idealnya, seperempat inci manset lengan kemeja harus terlihat dari bawah lengan jaket.

7. Lebih baik mengenakan ikat pinggang

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi item fashionn formal pria (freepik.com/rawpixel)

Satu-satunya alasan untuk tidak mengenakan ikat pinggang adalah jika menggunakan suspender. Kalau tidak mengenakan ikat pinggang, setelan jas akan terlihat tidak lengkap. Perhatikan juga ikat pinggang harus cocok dengan sepatu dan aksesori lain yang dipakai. Ikat pinggang memang fungsional, tetapi juga merupakan bagian penting dari estetika setelan jas.

8. Tutupi kerah kemeja

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/jannoon028)

Kerah kemeja harus menghilang di bawah kerah jas, jika tidak, ini tidak akan terlihat amburadul atau tidak rapi. Ini adalah salah satu poin yang perlu diperhatikan untuk membuat penampilanmu dengan suit lebih baik.

9. Sesuaikan ukuran celana dengan tepat

9 Tips Menggunakan Setelan Jas untuk Pria supaya Terlihat Lebih Baikilustrasi pria menggunakan suit (freepik.com/asphotofamily)

Gunakan celana panjang yang tepat sesuai ukuran. Pastikan untuk mencoba sebelum  membeli. Kamu juga bisa menggunakan jasa penjahit jika kamu ingin mendapatkan setelan jas hingga celana yang pas sesuai dengan ukuran tubuh.

Menggunakan suit juga perlu diperhatikan detail-detail kecilnya untuk membuat penampilanmu lebih rapih dan elegan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jas Pria Terbaik, Berkualitas dan Gak Mahal!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya