Comscore Tracker

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!

Bisa jadi alternatif pemutih pakaian

Hampir kebanyakan pria mempunyai aktivitas di luar ruangan. Di tengah aktivitas yang padat saat di luar ruangan, tentunya debu, noda, dan kotoran akan menempel pada pakaian terutama pada pakaian berwarna putih.

Pakaian putih bila sering dipakai warnanya akan lebih cepat menguning, kusam, bahkan terkena lunturan warna dari pakaian lain. Selain karena lunturan warna, pudarnya warna putih bisa disebabkan oleh detergen dan sisa pelembut yang tertinggal di kain, partikel polusi udara, maupun minyak tubuh dan noda dari makanan dan minuman.

Biasanya, semua masalah ini bisa di atasi dengan menggunakan pemutih pakaian. Namun, jika sering digunakan maka bisa merusak serat kain pada pakaian. Ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu lakukan selain memakai pemutih pakaian. Penasaran apa saja caranya? Simak ulasan ini sampai selesai! 

1. Cuka putih

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi cuka putih (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Cara yang pertama yakni kamu bisa menggunakan cuka putih untuk memutihkan pakaian. Kamu bisa menambahkan satu cangkir cuka putih yang sudah disuling ke 3,7 liter air panas.

Kemudian rendamlah pakaian putih dan biarkan cuka putih meresap semalaman, lalu cuci biasa. Menambahkan satu cangkir cuka putih pada proses pembilasan saat mencuci pakaian putih atau kain berwarna mampu menghilangkan residu detergen supaya tak terlihat kusam.

2. Lemon

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi lemon (unsplash.com/Thitiphum Koonjantuek)

Kandungan asam sitrat pada lemon mampu memutihkan kain, terutama untuk serat kapas, linen, dan poliester. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir air lemon (sekitar empat lemon) ke 3,7 liter air panas.

Kemudian, campuran bahan tadi kamu tuangkan ke dalam cucian putih, dan biarkan meresap setidaknya selama satu jam atau semalaman untuk memutihkan. Setelah itu kamu bisa mencuci pakaian seperti biasa.

3. Baking soda

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi baking soda (unsplash.com/HowToGym)

Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan soda kue untuk memutihkan pakaian. Aduk satu cangkir soda kue ke dalam rebusan air mendidih, kemudian angkat dari kompor, campurkan ke pakaian putih yang kotor, dan biarkan terendam setidaknya selama satu jam atau semalam.

Jika sudah selesai, kamu bisa mencucinya seperti biasa. Kandungan natrium bikarbonat akan membantu mengurai kotoran pada pakaian katun yang membuatnya kusam.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Kaus Sablon Polyflex, Awet Tahan Lama

4. Hidrogen peroksida

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi cairan hidrogen peroksida (unsplash.com/Hans Reniers)

Hidrogen peroksida adalah bentuk pemutih oksigen yang ringan dan aman dipakai pada semua kain yang bisa dicuci. Kamu bisa gunakan tiga persen larutan hidrogen peroksida dan tambahkan satu cangkir ke bleach dispenser ke mesin cuci.

Karena hidrogen peroksida cepat rusak, pastikan bahan ini segar dan harus mendesis saat dituangkan ke dalam cangkir. Jika tidak, kamu cukup menuangkannya ke mesin cuci.

5. Detergen pencuci piring

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi deterjen cuci piring (unsplash.com/The Creative Exchange)

Jika di rumahmu tidak ada pemutih klorin, kamu bisa gunakan detergen pencuci piring. Pasalnya, detergen pencuci piring mengandung natrium hipoklorit (pemutih klorin) yang bisa memutihkan kain serat secara alami.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, tambahkan seperempat atau setengah cangkir deterjen pencuci piring ke dalam air panas dan pastikan bubuknya larut. Kemudian, campurkan larutan itu pada pakaian putih yang kotor dan biarkan terendam setidaknya 30 menit sebelum dicuci seperti biasa.

6. Aspirin

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Ilustrasi aspirin (unsplash.com/Hal Gatewood)

Selain digunakan untuk meredakan sakit kepala, asam salisilat dalam aspirin ternyata mampu untuk memutihkan kain. Walaupun penggunaannya membutuhkan lebih dari dua tablet aspirin.

Cara memutihkannya, kamu membutuhkan setidaknya 10 tablet aspirin per 3,7 liter air panas. Metode ini terbukti ampuh 100 persen untuk kain katun. Panaskan air dan tambahkan tablet aspirin, lalu aduk sampai larut.

Kemudian, angkat panci dari kompor dan campurkan pada kain katun. Biarkan larutan aspirin meresap pada pakaian putih sampai air benar-benar dingin, dan setelah itu kamu bisa mencuci seperti biasa.

7. Sinar matahari

7 Cara Memutihkan Pakaian Pria Tanpa Pemutih, Praktis dan Gak Ribet!Sinar matahari (unsplash.com/Ainsley Myles)

Dari semua cara di atas, langkah ini adalah langkah yang paling mudah dan efisien. Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari bisa menyebabkan kain berwarna-warni memudar dan memutihkan pakaian.

Sinar UV juga bisa membunuh jenis kuman dan membantu mendisinfeksi kain. Gantung pakaian putih di bawah sinar matahari langsung dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Itulah tujuh cara memutihkan pakaian pria tanpa memakai pemutih yang bisa kalian coba di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Kaus Putih supaya Selalu Cemerlang

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya