Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!

Tips bermanfaat buat kamu yang mau nikah, bro!

Pernikahan adalah momen yang sangat sakral bagi setiap orang. Baik itu dari pihak cewek ataupun cowok masing-masing mempersiapkan penampilannya secara maksimal. Dalam mempersiapkan penampilannya dalam pernikahan pihak cowok kebanyakan lebih mudah dari pada pihak cewek.

Sederhananya, mempelai cowok hanya membutuhkan jas, dasi dan sepatu. Tetapi, walaupun hanya tiga item saja, ada beberapa elemen dalam penampilan cowok jika salah pilih akan mengakibatkan kecelakaan dan salah kostum. Parahnya lagi, hari yang seharusnya spesial dan diingat seumur hidup bisa menjadi hari yang sial lho, bro.

Agar kamu paham, berikut ini lima tips cerdas memilih sepatu pernikahan pria. Bagi kamu yang akan segera menikah, baca sampai habis!

1. Jenis sepatu

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!Ilustrasi sepatu pernikahan pria (pixabay.com/tylermike525)

Sebelum kamu membeli sepatu, pastikan terlebih dahulu model yang cocok sesuai dengan kepribadian, tempat pernikahan dan pakaian keseharian. Untuk acara pernikahan disarankan kamu memilih sepasang sepatu model oxford pria yang bagus dan berkualitas.

Oxford adalah jenis sepatu yang cocok digunakan pada pakaian formal dan cocok untuk dipakai kapan saja dan di mana saja. Pilihlah oxford berwarna hitam untuk mendapatkan keuntungan maksimum, atau cokelat untuk tampilan yang lebih kasual.

2. Warna sepatu

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!Ilustrasi sepatu pernikahan pria (pixabay.com/smithnoah373)

Ketika memilih sepatu ada beberapa aturan penting mengenai pencocokan warna yang perlu kamu ketahui. Walaupun ini pernikahan kamu dan tentu saja kamu bebas memakai apa saja, tetapi jika kamu memahami prinsip-prinsip dasar pakaian formal itu memungkinkan kamu untuk memiliki style yang bagus dan terhindar dari salah kostum.

Misalnya, setelan hitam formal tidak tidak boleh dipadukan dengan sepatu cokelat. Setelan hitam hanya boleh dipadukan dengan sepatu hitam. Namun, perlu diingat bahwa untuk acara formal, sepatu hitam juga bisa dipakai dengan hampir seluruh warna setelan selain mungkin dengan warna krem. Intinya sepatu kamu harus lebih gelap daripada setelan kamu dan ini umumnya merupakan aturan praktis yang baik dan untuk ditiru.

3. Tingkat formal sepatu

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!Ilustrasi sepatu pernikahan pria (unsplash.com/Greg Rosenke)

Sepatu formal cenderung lebih panjang, ramping, dan dengan ujungnya yang runcing dibandingkan gaya kasual. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kesan 'berat' yang ditampilkan dari setelan jas. Sepatu model oxford akan membuat kaki kamu tampak lebih panjang dan elegan.

Aturan umum yang harus diikuti adalah, semakin sederhana bentuk sepatu semakin formal sepatu tersebut. Jika pernikahan kamu sangat tradisional, dan setelan kamu formal, pilihlah model potongan sepatu utuh di mana bagian atasnya dibuat satu potongan kulit. Dalam memutuskan seberapa formal sepatu kamu untuk pernikahan, perhatikan juga tempat dan tema hari saat acara.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sepatu Pria yang Nyaman Dikenakan Saat ke Kantor

4. Kualitas sepatu

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!Ilustrasi sepatu pernikahan pria (pixabay.com/StockSnap)

Selain kenyamanan, yang harus kamu perhatikan juga adalah dari kualitas sepatu. Bahan yang berkualitas akan membuat kamu terasa nyaman saat dipakai, terlihat bagus, dan akan bertahan lama. Kulit yang lembut dan paten adalah suatu keharusan, baik kamu memilih sepatu yang berkilau atau hasil akhir matte yang elegan.

Sepatu yang berkualitas tinggi adalah penunjang peningkatan pakaian kamu dari yang biasa saja menjadi luar biasa. Hal terpenting adalah kegunaan sepatu yang bisa dipakai untuk momen apa saja. Memilih sepatu yang baik adalah investasi yang layak dilakukan jika kamu memilih sepatu yang berkualitas tinggi dan mampu tahan lama.

5. Pilih sepatu yang tepat

5 Tips Cerdas Memilih Sepatu Pernikahan Pria, Tampil Makin Elegan!Ilustrasi sepatu pernikahan pria (pixabay.com/pexels)

Meskipun ada beberapa aturan dasar yang harus dipahami dalam hal acara pernikahan, tren kontemporer membuat aturan ini menjadi longgar. Pasalnya, sudah banyak acara pernikahan yang tidak lagi mengikuti format ala tradisional atau berlangsung di tempat tradisional.

Maka dari itu, salah satu faktor terpenting saat memilih sepatu untuk pernikahan kamu adalah dengan memilih sepatu yang sesuai dengan selera kamu. Karena sepatu inilah yang akan membantu kamu untuk percaya diri di hari yang sangat berbahagia dan membantu kelancaran acaranya.

Itu tadi lima tips cerdas memilih sepatu pria dalam acara pernikahan. Bagi kamu yang akan segera menikah pastikan kamu menerapkan kelima tips ini agar penampilanmu saat acara pernikahan nanti terlihat keren, ya! 

Baca Juga: 5 Jenis Dress Shoes yang Setiap Pria Wajib Tahu, Jangan Sampai Gak!  

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya