Comscore Tracker

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!

Gak sulit kok merawatnya

Suede adalah salah satu bahan sepatu kulit yang bersifat kasual dan eksotis. Selain itu, bahan suede bisa memberikan kesan mewah, kuat, dan elegan. Sebagai seorang pria, sepatu suede adalah salah satu sepatu yang wajib banget kamu punya sebagai koleksi.

Sepatu berbahan suede bersifat kasual, sehingga kamu bisa memakainya sebagai pengganti sneakers dalam penggunaan sehari-hari. Namun, di balik hal itu semua kamu juga perlu memahampi perawatan sepatu dengan bahan suede. Sebab, jika kamu merawatnya dengan cara yang salah, maka sepatumu gak akan tahan lama.

Supaya kamu gak salah dalam merawatnya, berikut ini lima tips merawat sepatu suede pria biar makin awet. Baca artikel ini sampai habis!

1. Jangan sampai terkena air

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!Ilustrasi sepatu suede pria (unsplash.com/Irene Kredenets)

Perlu diingat, musuh utama dari bahan suede adalah air. Sebab, elemen yang satu ini bisa merusak tekstur sepatu suede kamu, Bro!

Saat musim hujan seperti saat ini, sebaiknya kamu hindari menggunakan sepatu suede dan jangan pernah mencuci sepatunya dengan menggunakan air. Hal ini bertujuan untuk melindungi keindahan sepatu dan bahan suede tetap terjaga kualitasnya.

2. Bersihkan dengan spons khusus atau sikat lembut

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!Ilustrasi sepatu suede pria (unsplash.com/Kristian Egelund)

Apabila sepatu suede kamu ingin dibersihkan, kamu bisa gunakan spons khusus suede yang bisa kamu dapatkan di toko-toko sepatu. Hal ini akan menjaga tekstur suede selalu terjaga dari debu yang menempel di sepatumu.

Atau kamu juga bisa menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan debu yang menempel ketika kamu memakainya seharian. Pastikan kamu menyikatnya dengan satu arah supaya tekstur sepatumu tetap terlihat bagus.

3. Beri waktu istirahat untuk sepatu

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!Ilustrasi sepatu suede pria (unsplash.com/Muneeb Syed)

Sebaiknya kamu tidak menggunakan sepatu suede setiap hari. Usahakan untuk mengistirahatkan sepatumu paling tidak 24 jam setelah digunakan agar bentuk sepatu gak berubah.

Gunakanlah alat penjaga bentuk sepatu seperti shoe tree, atau kamu bisa mengakalinya dengan memasukkan koran bekas ke dalam sepatu agar bentuknya tetap terjaga. Pastikan kamu memasukkannya sampai dalam.

Baca Juga: 5 Alasan Sepatu Pantofel Bikin Penampilan Pria Makin Elegan

4. Gunakan produk perawatan sepatu khusus suede

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!Ilustrasi sepatu suede pria (unsplash.com/Maxwell Nelson)

Walaupun masuk kategori sepatu kulit, suede memiliki sifat yang berbeda dibanding dengan sepatu bahan kulit lainnya. Tekstur dari sepatu suede lebih lembut dan membutuhkan perawatan khusus dibanding sepatu jenis kulit pull up atau calfskin.

Jadi, sebelum merawatnya dengan produk tertentu, kamu harus memperhatikan label produk perawatan yang kamu beli. Pastikan produk yang kamu beli dikhususkan untuk bahan kulit suede dan jangan pernah menggunakan produk yang sama dengan produk perawatan jenis kulit lainnya.

5. Bersihkan noda cairan dan jauhkan dari sinar matahari

5 Tips Merawat Sepatu Suede Pria Biar Makin Awet, Catat Bro!Ilustrasi sepatu suede pria (unsplash.com/Ray Piedra)

Walaupun kamu sudah memakainya dengan ekstra hati-hati, namun tetap saja peristiwa yang tidak diinginkan akan tetap terjadi. Misalnya sepatu suede kamu terkena noda cairan atau tumpahan minuman.

Kamu bisa menggunakan tisu agar nodanya dapat terserap, atau kamu juga bisa memakai bedak bayi di atas noda cairan yang ada pada sepatumu. Lalu, kamu bisa diamkan semalaman dan bersihkan bedak dengan sikat lembut. Nantinya, cairan akan menempel pada bedak sehingga sepatu suede kamu akan bersih kembali.

Saat tidak dipakai, kamu bisa menyimpan sepatu suede milikmu di tempat yang memiliki celah udara yang baik supaya sepatumu terhindar dari jamur atau lembap. Kemudian, hindarkan dari tempat yang mudah terpapar sinar matahari langsung karena suede bisa mengeras, mengecil, dan warnanya menjadi pudar.

Kamu juga bisa hindari penyimpanan pada wadah plastik karena suede adalah sepatu kulit yang memiliki serat dan pori-pori sehingga butuh udara untuk bernafas. Nah, itulah lima tips merawat sepatu suede pria biar makin awet.

itulah kelima tips di atas supaya sepatu suede kamu bisa bertahan lama dan percaya diri saat memakainya. Jangan sampai salah lagi ya, Bro!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Warna Sepatu Pria Sesuai dengan Gaya Busana

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya