Pasangan Gus Ipul dan Puti Menang di Rutan Medaeng Sidoarjo

#Pilkada2018 Unggul 80 suara

IDN Times, Sidoarjo - Saat ini warga Jawa Timur sedang menyaksikan hasil penghitungan cepat dari berbagai lembaga. Beberapa lembaga memberikan hasil bahwa Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak unggul sementara dibanding lawannya, Saifullah Yusuf alias dan Puti Guntur Soekarno.

Lain halnya dengan hasil Tempat Pemungutan Suara (TPS) 16 di Rutan Medaeng, Sidoarjo. Di TPS yang dikhususkan untuk para penghuni Rutan Klas 1 Surabaya itu, Gus Ipul-Puti menang telak. Selisih 80 suara dibanding paslon nomor urut 1.

1. Awalnya bersaing dengan sangat ketat

Pasangan Gus Ipul dan Puti Menang di Rutan Medaeng SidoarjoIDN Times/Abraham Herdyanto

Dihitung mulai pukul 14.00, perolehan suara kedua pasangan calon cukup ketat. Hingga surat suara yang ke-49, perolehan kedua kandidat sama rata, yakni masing-masing 24 suara. Satu suara dinyatakan tidak sah karena tidak menyoblos. Baru setelah itu, perolehan suara Gus Ipul-Puti melejit meninggalkan Khofifah-Emil.

2. Hanya sekitar 50 persen suara yang berpartisipasi

Pasangan Gus Ipul dan Puti Menang di Rutan Medaeng SidoarjoIDN Times/Abraham Herdyanto

Seharusnya peserta pemilihan berjumlah 564 orang, terdiri dari 461 pria dan 103 wanita. Namun, peserta yang hadir hanyalah 295 orang. Terdiri dari 58 wanita dan 237 pria. Itu pun masih belum dipotong suara yang tidak sah, yakni 19 suara. Artinya, hanya 49 persen penghuni yang hadir pada pemilihan calon gubernur dan wakilnya hari ini.

3. Tidak menyoblos karena alasan sepele

Pasangan Gus Ipul dan Puti Menang di Rutan Medaeng SidoarjoIDN Times/Abraham Herdyanto

Kepala TPS 16, Jumadi, banyaknya tahanan yang tidak menyoblos dikarenakan alasan sepele. Misalnya tahanan wanita yang belum mandi, sehingga malas keluar kamar. Sedangkan, beberapa tahanan pria beralasan ketiduran.

"Padahal sudah kami infokan sejak kemarin. Bagi yang sudah terdaftar, memiliki surat keterangan atau punya e-KTP bisa menyoblos," ujar Jumadi.

Nah, kamu sendiri sudah menggunakan hak pilih belum, nih?

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya