Ini Kriteria Capres/Cawapres Partai Demokrat

Berat gak ya kriterianya?

Jakarta, IDN Times - Tahun 2019 akan menjadi momen pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia. Karena itulah, sejumlah partai pun bersiap diri untuk menggadang-gadang calon unggulan mereka untuk berkompetisi dalam pemilih presiden dan wakil presiden.

Setiap partai sendiri tentunya punya kriteria khusus yang disiapkan untuk bertarung dalam bursa capres dan cawapres tersebut. Tidak terkeculi dengan Partai Demokrat yang juga sudah bersiap-siap kriteria bagi pasangan capres dan cawapresnya.

Rapat antar internal elite Demokrat pun digelar di kediaman Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam rapat tersebut dibahas mengenai kriteria-kriteria tersebut. Seperti apa?

1. Calon capres/cawapres untuk Partai Demokrat

Ini Kriteria Capres/Cawapres Partai DemokratIDN Times/Afriani Susanti

Wakil Ketua Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan, ada kriteria khusus yang ditentukan Partai Demokrat dalam mengusung capres dan cawapresnya jelang Pilpres 2019.

“Kita baru saja membahas secara umum saja dulu. Kira-kira capres dan cawapres yang akan diusung seperti apa, itu saja. Kriterianya yang mampu membawa bangsa ini ke depan, salah satunya itu,” ujarnya kepada wartawan di Kediaman SBY, Kuningan, Jakarta.

2. Belum adanya figur yang dibahas dalam rapat tersebut

Ini Kriteria Capres/Cawapres Partai DemokratInstagram.com/@aniyudhoyono

Syarif juga mengatakan dalam rapat yang diselenggarakan tersebut, belum adanya pembahasan mengenai siapa figur-figur yang akan diusulkan menjadi capres dan cawapres pada 2019 mendatang.

“Belum bahas tentang figur. Karena ini masalah bangsa tidak mungkin dalam satu hari , setengah hari ini selesai,” ujarnya. 

3. Komunikasi politik wajib dilakukan

Ini Kriteria Capres/Cawapres Partai DemokratIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, Syarif juga mengatakan bahwa komunikasi politik tetap perlu untuk dilakukan. “komunikasi dalam politik wajib,” ujarnya.

Baca juga: Presiden PKS Blak-blakan soal Strateginya Melawan Jokowi

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya