Pilgub Jawa Berpengaruh Langsung ke Pilpres, Ini Penjelasannya

Pengaruh suara Pilkada di Jawa pengaruhi Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times – Pemilihan Kepala Daerah akan serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia pada 27 Juni mendatang. Sebanyak 171 daeerah di seluruh Indonesia akan melakukakn pemungutan suara untuk menentukan Kepala Daerah mereka yang baru mulai dari jabatan Gubernur – Wakil Gubernur, Walikota- Wakil Walikota, hingga Bupati – Wakil Bupati.

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada ini secara tidak langsung juga akan memberikan dampak pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2019 mendatang. Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC), sendiri membuat sebuah riset yang diselenggarakan di tiga wilayah terselenggarakanya Pilkada yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas menjelaskan, bagaimana perolehan suara pada calon pasangan gubernur- wakil gubernur yang ada di wilayah tersebut nantinya bisa menguatkan suara Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Di mana ada kecendeungan pada calon pasangan tersebut untuk melakukan penguatan suara.

 1. Jawa Barat memiliki korelasi positif terhadap Jokowi 

Pilgub Jawa Berpengaruh Langsung ke Pilpres, Ini PenjelasannyaIDN Times/Linda Juliawanti

Abbas mengatakan, wiayah Pilkada di Jawa Barat memiliki korelasi yang positif terhadap Joko Widodo dalam penguatan suara pada Pilpres 2019. Seperti pada pendukung pasangan Hasanuddin-Anton yang 75 persen adalah memilih Joko Widodo.

“Sementara calon yang lainnya porsinya lebih kecil. Oleh karena itu, kemenangan suara yang nantinya diperoleh pasangan Hasanuddin-Anton akan menompang suara Joko Widodo. Sementara pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi hanya menopang sekitar 1 persen,” ujarnya di kantor Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC), Menteng, Jakarta, Jumat(22/6)

2. Keunggulan suara Sudrajat-Ahmad Syaikhu akan membantu suara Parabowo

Pilgub Jawa Berpengaruh Langsung ke Pilpres, Ini PenjelasannyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu, jika dalam pemungutan suara pda 27 Juni 2018 nanti membuat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Barat Sudrajat-Ahmad Syaikhu unggul bisa dipastikan hal tersebut akan menopang suara Prabowo.

“Keunggulan pada pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu akan langsung membantu membuat suara Prabowo unggul dan menguat,” ujarnya.

3. Pilkada Jawa Tengah dan Jawa Timur miliki korelasi yang jelas dalam Pilpres 2019

Pilgub Jawa Berpengaruh Langsung ke Pilpres, Ini PenjelasannyaIDN Times/Sukma Shakti

Abbas juga mengatakan jika pilkada yang diselenggarakan di Jawa Tengah dan Jawa Tmur justru memiliki korelasi yang lebih jelas terhadap Pilpres 2019. Di Jawa Timur, siapa pun nanti yang akan menang tidak berdampak terhadap Joko Widodo.

“Sementara di Jawa Tengah, jika pasagan calon gubernur-wakil gubernur Sudirman Sahid mengungguli suara yang diperolehnya maka akan berkontribusi pada Prabowo,” ujarnya. 

Baca juga: Begini Janji Ridwan Kamil dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya