SBY WO Saat Kampanye Damai, Ini Tanggapan KPU

SBY walk out dari acara kampanye damai

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba-tiba memutuskan walk out dari acara karnaval kampanye damai. Aksi walk out yang dilakukan SBY terjadi beberapa menit setelah karnaval dimulai. 

Pemicu dari aksi walkout tersebut karena SBY menganggap sejumlah relawan dari kubu Joko Widodo - Ma'ruf Amin melanggar aturan dalam karnaval kampanye damai dengan membawa berbagai atribut kampanye. Padahal dalam aturan disampaikan hal itu dilarang. 

Sebelumnya, SBY terlihat akan mengikuti acara karnaval dengan menaiki mobil golf yang dikendarai oleh putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

1. KPU telah menerapkan aturan terkait pelarangan atribut kampanye

SBY WO Saat Kampanye Damai, Ini Tanggapan KPUIDN Times/Afriani Susanti

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyampaikan pihaknya telah mengatur semua jalannya karnaval kampanye damai ini. Salah satunya dengan melarang adanya atribut kampanye dari masing-masing paslon.

"Sebetulnya kita sudah atur semua di dalam jalur karnaval. Karena kalau di luar itu kita tidak bisa menuntut. Tiba-tiba ada orang berdiri di pinggir dan mengibarkan sesuatu, itu tidak bisa dibatasi," katanya di Monas, Jakarta, Minggu (23/9).

2. Sudah memasuki masa kampanye

SBY WO Saat Kampanye Damai, Ini Tanggapan KPUIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Arief Budiman mengatakan saat ini sendiri sudah memasuki masa kampanye. Sehingga bagi masyarakat yang ingin melakukan dukungan pun diperbolehkan saja.

"Sepanjang regulasinya dipenuhi. Khusus acara ini semua terkontrol, dari jumlah kaus yang diberikan hingga atribut. Semua diperlakukan adil," ucapnya.

Baca Juga: Akrabnya Prabowo dan SBY Duduk Bersebelahan di Kampanye Damai

3. Dianggap tidak penuhi aturan dari KPU

SBY WO Saat Kampanye Damai, Ini Tanggapan KPUIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Demokrat, Hinca Pandjaitan mengatakan SBY walk out karena relawan tak penuhi aturan yang diberlakukan oleh KPU.

"Teman- teman sekalian, Partai Demokrat juga pak SBY protes keras terhadap KPU dalan rangka deklarasi ini, tadi teman-teman melihat pak SBY hadir. Tadi malam saya menelpon Ketua KPU, (menyampaikan) pak SBY akan hadir tapi baru kira-kira lima menit tadi ikut depile itu, beliau turun dan walk out meninggalkan barisan karena melihat banyak sekali aturan main yangg tak disepakati awalnya," tuturnya.

Baca Juga: Protes pada Kubu Jokowi, SBY Walk Out dari Acara Kampanye Damai

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya