Kenalkan Tradisi-Budaya, Aceh Ramadhan Festival 2024 Kembali Digelar

Aceh Ramadhan Festival 2024 meriah, diserbu ribuan pelancong

Jakarta, IDN Times -- Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, berkolaborasi dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Masjid Raya Baiturrahman dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh kembali menggelar acara Aceh Ramadhan Festival 2024 yang berlangsung pada 28 Maret hingga 1 April 2024 di Pelataran Masjid Raya Baiturrahman.

Mengusung tema 'Immerse Yourself Into The Spiritual Journey in Serambi Mecca', acara ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah, Pj. Wali Kota Banda Aceh Amiruddin serta jajaran pejabat pemerintahan Kota Banda Aceh.

1. Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 diisi dengan beragam kegiatan menarik

Kenalkan Tradisi-Budaya, Aceh Ramadhan Festival 2024 Kembali DigelarAceh Ramadhan Festival (https://diskominfo.acehprov.go.id/)

Dalam sambutannya pada Kamis (28/3/2024) Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah mengungkapkan acara Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 merupakan bentuk dukungan pemerintah Kota Banda Aceh dalam hal melestarikan tradisi dan budaya yang menggambarkan citra Aceh sebagai Serambi Makkah.

“Hadirnya Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) 2024 adalah untuk memperkenalkan nilai-nilai syariat dan keunikan tradisi budaya otentik masyarakat Aceh, sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Untuk itu, di bulan suci ramadan ini marilah kita tebarkan kedamaian dan membangun semangat kebersamaan,” ujarnya.

Salah satu rangkaian acara yang menjadi daya tarik pengunjung adalah Kirab Ramadhan atau Pawai Kendaraan Hias dan Atraksi dari 9 Kecamatan di Kota Banda Aceh. Kirab Ramadhan ini dimulai dari Kantor Walikota Banda Aceh dan berakhir di depan Kantor DPRK Kota Banda Aceh.

Selain itu, acara yang berlangsung selama lima hari ini juga dihibur oleh beragam kegiatan menarik. Di antaranya Ngabuburit di Gampong Ramadhan, Eksibisi Dalael Khairat (dzikir ramadhan), Khauri Peutamat Daroh, Khauri Kanji (berbagi bubur takjil khas Aceh), dan pameran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Baca Juga: Kemenparekraf Gelontorkan Rp24 Miliar untuk Event Motocross di NTB

2. Menghadirkan beragam tampilan seni tradisi Aceh yang sarat nuansa Islami

Kenalkan Tradisi-Budaya, Aceh Ramadhan Festival 2024 Kembali DigelarIlustrasi Aceh Ramadhan Festival. (Antaranews)

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengunjungi Sagoe Piasan Aceh di Lapangan Ex. Hotel Aceh yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari penyelenggraan Aceh Ramadhan Festival 2024. Beragam tampilan seni tradisi Aceh yang sarat nuansa Islami seperti Nasyid, Gambus, Musik Etnik Religi, Tarian Tradisi dan Hadrah akan menjadi hiburan yang mengiringi suasana berbuka puasa.

Penampilan dari artis nasional Fadly Padi yang berkolaborasi dengan seniman Aceh Bur’am dan Rabbani Wahed dijadwalkan akan menjadi penutup agenda Sagoe Piasan Aceh di hari terakhir pagelaran Aceh Ramadhan Festival 2024. 

3. Aceh Ramadhan Festival 2024 diharapkan jadi daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan domestik yang datang berkunjung

Kenalkan Tradisi-Budaya, Aceh Ramadhan Festival 2024 Kembali DigelarIlustrasi Aceh Ramadhan Festival. (Antaranews)

Ditemui saat hadir pada penutupan acara Aceh Ramadhan Festival 2024 pada Senin (1/4/2024), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno juga menyambut positif atas terselenggaranya acara tahunan Aceh Ramadhan Festival 2024 yang kembali masuk dalam bagian dari Karisma Event Nusantara 2024.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan Aceh Ramadhan Festival 2024. Semoga dengan kegiatan ini akan semakin banyak wisatawan nusantara maupun wisatawan domestik yang datang berkunjung. Sehingga roda perekonomian di Kota Banda Aceh bisa terus tumbuh dan berkembang,” katanya. (WEB)

Baca Juga: Kemenparekraf Targetkan 1,5 Juta Kunjungan Wisman China pada 2024

Topik:

  • Ahmad Faisal
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya