Cegah Perundungan Siswa, Bupati Kediri Aktif Lakukan Upaya Preventif

Sejumlah faktor dapat mencegah perundungan di sekolah

Jakarta, IDN Times -- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan iklim keamanan sekolah di Kabupaten Kediri dalam kondisi baik. Hal ini menyusul banyaknya pemberitaan mengenai perundungan di berbagai daerah di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Mas Dhito, sapaan akrabnya, melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muksin pada Jumat (29/9/2023). 

1. Perlu dibentuk suasana yang nyaman di lingkungan sekolah

Cegah Perundungan Siswa, Bupati Kediri Aktif Lakukan Upaya PreventifBupati Kediri mengunjungi sekolah-sekolah, melakukan upaya preventif tindakan perundungan di kalangan siswa sekolah. (Dok. Pemkab Kediri)

Menurutnya, untuk menjamin tidak adanya tindakan bullying atau perundungan terhadap siswa, perlu dibentuk suasana yang nyaman di lingkungan sekolah. 

“Kita minta semua kepala satuan pendidikan baik jenjang PAUD SD maupun SMP untuk menciptakan iklim keamanan sekolah dan para guru juga diminta untuk menciptakan iklim pembelajaran yang nyaman dan aman,” katanya. 

Baca Juga: Terus Dorong Gaya Hidup Sehat, Pemkab Kediri Raih Penghargaan Ini

2. Pihak orang tua dan masyarakat diimbau untuk melapor jika ada gejala dan tindakan perundungan

Cegah Perundungan Siswa, Bupati Kediri Aktif Lakukan Upaya PreventifBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan iklim keamanan sekolah di Kabupaten Kediri dalam kondisi baik. Hal ini menyusul banyaknya pemberitaan mengenai perundungan di berbagai daerah di Indonesia. (Dok. Pemkab Kediri)

Muksin mengatakan, sejauh ini terkait salah satu faktor yang menjadi penyebab perundungan seperti adanya indikasi geng sekolah ataupun antarsekolah tidak ditemukan di Kabupaten Kediri. 

Jika menemukan gejala maupun tindakan perundungan, Muksin melanjutkan, pihaknya meminta orang tua maupun masyarakat untuk melaporkan ke Dinas Pendidikan maupun melalui aplikasi Halo Mas bup. 

“Insya Allah (iklim keamanan pendidikan) masih aman,” kata Muksin.

3. Mas Dhito meminta agar kepala sekolah terus memonitor dan melakukan pencegahan

Cegah Perundungan Siswa, Bupati Kediri Aktif Lakukan Upaya PreventifBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan iklim keamanan sekolah di Kabupaten Kediri dalam kondisi baik. (Dok. Pemkab Kediri)

Sebagaimana diketahui, Mas Dhito sangat mengecam keras pihak-pihak yang berani melakukan tindak bullying baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Hal ini pernah ditegaskannya diberbagai kesempatan seperti saat dirinya melantik kepala sekolah dan pejabat fungsional pada Mei 2023 lalu. 

Mas Dhito meminta agar kepala sekolah terus memonitor dan melakukan pencegahan untuk mengatasi persoalan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah tersebut. “Dimonitor kasus bullying di sekolahnya masing-masing. Tolong dicek, dilaporkan,” kata bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu. (WEB)

Baca Juga: Pemkab Kediri Kejar Target Pembangunan Akses Jembatan Jongbiru

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya