Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Keempat Ramadan 1442 H

Waktu imsak di hari keempat Ramadan jatuh pada pukul 04.28

Jakarta, IDN Times - Tiba di hari keempat bulan Ramadan 1442 H atau bertepatan pada 16 April 2021, di bulan istimewa ini kita tidak boleh lengah dalam beribadah agar kesempatan meraih pahala semakin besar. Terlebih di bulan Ramadan setan dibelenggu sehingga intensitasnya dalam menggoda manusia untuk berbuat dosa berkurang.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis, 

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ Artinya, “Ketika masuk bulan Ramadan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup,” (HR Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu mari mulai hari ini dengan semangat ibadah dengan membaca niat puasa dan jadwal salat serta imsakiyah berikut ini agar dapat melaksanakan ibadah tepat waktu.

1. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Keempat Ramadan 1442 HIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Niat dibacakan untuk memulai suatu ibadah kepada Allah swt. Tak terkecuali ibadah puasa di bulan Ramadan, perlu disertai niat lebih afdal. 

Berikut doa niat puasa Ramadan atau doa sahur:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Baca Juga: Mandi Wajib saat Ramadan: Niat, Doa dan Tata Caranya

2. Waktu imsak untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Keempat Ramadan 1442 HIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada 4 Ramadan 1442 H atau 16 April 2021, waktu imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB. Selang 10 menit, azan subuh berkumandang pada pukul 04.38 WIB.

Setelah mengetahui waktu imsak ini, pastikan untuk mulai mempersiapkan menu untuk sahur terlebih dahulu agar tidak terburu-buru dalam menyantap makanan.

3. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Keempat Ramadan 1442 HIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Berikut jadwal salat pada 4 Ramadan 1442 H yang bersumber dari Kementerian Agama:

  • Subuh pada pukul 04.38 WIB
  • Terbit pada pukul 05.50 WIB
  • Duha pada pukul 06.18 WIB
  • Zuhur pada pukul 11.56 WIB
  • Asar pada pukul 15.14 WIB
  • Magrib pada pukul 17.55 WIB
  • Isya pada pukul 19.04 WIB

Meskipun ibadah sunah di bulan Ramadan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda, jangan sampai meninggalkan salat lima waktu yang hukumnya wajib. 

فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا Artinya: “Maka Dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. (QS. an-Nisa’ [04]: 103)

4. Menu sahur sehat

Jadwal Imsak dan Doa Puasa di Hari Keempat Ramadan 1442 Hilustrasi makanan, sahur (IDN Times/Sunariyah)

Makanan yang dikonsumsi saat sahur adalah sumber energi yang dipersiapkan agar tubuh tetap kuat menahan lapar dan dahaga seharian, sehingga siperlukan menu sehat yang memenuhi nutrisi seimbang yang dibutuhkan tubuh.

Untuk itu terdapat kiat agar tubuh tetap fit dan tidak lemas yakni dengan memilih makanan berkabohidrat kompleks agar tidak cepat lapar seperti nasi putih, gandum, sereal, nasi merah dan semacamnya.

Selain itu asupan protein juga dapat berperan sebagai cadangan energi menu seperti daging ayam, telur, dan ikan adalah contoh sumber protein. Sayur dan buah juga tak boleh ketinggalan, vitamin dan mineral tubuh perlu dipenuhi dengan komposisi ini. 

Kemudian jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti gorengan, karena tenggorokan akan terkena radang secara perlahan apabila makanan dengan kandungan minyak goreng berlebihan dikonsumsi secara terus-menerus.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Dilengkapi Artinya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya