Comscore Tracker

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekali

Jangan melihat langsung tanpa pelindung mata

Jakarta, IDN Times - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengumumkan pada 26 Desember 2019 terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan melintasi wilayah Indonesia. Ini adalah fenomena langka, sehingga sayang dilewatkan.

Seperti dikutip dari lapan.go.id, GMC hanya terjadi 12 tahun sekali. Karena itu, fenomena tersebut baru dapat terjadi lagi pada 21 Mei 2032. Namun GMC berikutnya akan menyapa Indonesia pada 14 Oktober 2042.

Berikut cara terbaik mengamati fenomena GMC:

1. Pastikan matamu terlindungi dari cahaya GMC yang berbahaya

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun SekaliUnsplash/Vivek Doshi

Seperti dikutip dari gerhanaindonesia.id, poin terpenting saat menyaksikan GMC adalah dengan tetap menjaga keamanan mata. Sehingga, saat menyaksikan fenomena langka ini, tidak diperbolehkan melihat ke arah matahari tanpa pelindung mata apapun.

Karena intensitas cahaya matahari saat terjadi GMC sangat kuat, dan dapat merusak mata hingga menyebabkan kebutaan. 

2. Menggunakan kacamata khusus gerhana matahari

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun SekaliIDN Times/Bagus F

Kacamata matahari bukanlah sebuah kacamata hitam biasa. Kacamata ini sebuah alat khusus yang dirancang untuk menangkal cahaya matahari.

Dengan lensa khusus yang dirancang untuk menghalangi sebagian besar cahaya matahari, kacamata ini dapat melindungi matamu ketika berpapasan langsung dengan cahaya matahari.

Baca Juga: Melanda Chili dan Argentina, Ini 5 Dampak Nyata Gerhana Matahari Total

3. Intip cantiknya GMC melalui kamera pinhole atau kamera lubang jarum

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekali(Dok. Binus)

Dikutip dari binus.ac.id, kamera pinhole adalah sebuah kamera sederhana tanpa lensa yang memiliki satu aperture yang sangat kecil. Secara sederhana, kamera tersebut adalah sebuah kotak kedap cahaya dengan sebuah lubang di satu sisi.

Kamera pinhole dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan sederhana. Terdapat banyak tutorial dari internet untuk membuat kamera yang lebih dikenal kamera lubang jarum itu dengan berbagai variasi bentuk.

4. Teleskop bisa menjadi alat yang cocok untuk menikmati GMC

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekaliunsplash.com

Hampir mirip dengan prinsip penggunaan kamera pinhole, teleskop bisa juga menjadi salah satu alat yang membuat kamu nyaman menikmati GMC. Konsep dan prinsip penggunaan teleskop serupa dengan kamera lubang jarum.

Perbedaannya adalah, citra matahari diproyeksikan melalui lensa pembesar. Sehingga, penggunaan teleskop akan dapat menghasilkan proyeksi gerhana yang lebih besar dan tajam dibanding kamera lubang jarum.

Teleskop dapat dipasang ke tripod agar berdiri stabil, lalu arahkan ke matahari. Ingat, jangan melihat melalui eyepiece secara langsung, kecuali terpasang filter khusus matahari di depan cermin atau lensa objektif.

5. Setting kamera DSLR agar dapat memunculkan gambaran GMC

5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekaliunsplash/jeshoots.com

Kamera DSLR juga bisa menjadi alat bantu untuk menikmati GMC. Namun, jangan langsung arahkan lensa kamera ke matahari, karena cahayanya dapat merusak sensor kamera. 

Gunakan filter khusus matahari untuk mengurangi intensitas cahaya yang diterima kamera. Untuk mendapatkan citra matahari yang berukuran besar, menggunakan lensa telephoto dengan panjang fokus 500-2.000-mm. Lensa standar 200 mm hanya akan menghasilkan citra matahari yang berukuran kecil.

Untuk pengaturan awal, dapat menggunakan ISO 100, F/8,0 dan shutter speed 1/1.000. Tentunya pengaturan ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan atau kondisi nantinya, intinya adalah menggunakan ISO rendah dan shutter speed yang tinggi. 

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah tentang Penunjuk Waktu, Awalnya dari Sinar Matahari

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya