Aktivitas Merapi Meningkat, 4 Kabupaten Tetapkan Status Darurat

Jumlah warga yang dievakuasi terbanyak di Kabupaten Magelang

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 1.294 warga di empat kabupaten, yakni Kabupaten Boyolali, Magelang, Klaten dan Sleman, dievakuasi menyusul peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berada di level III atau siaga. 

Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) mencatat, jumlah total warga yang dievakuasi paling banyak di Kabupaten Magelang dengan jumlah 835 orang, disusul Sleman 203 orang, Boyolali 133 orang dan Klaten 123 orang.

"Mereka tersebar di tempat evakuasi sementara (TES) maupun tempat evakuasi akhir (TEA)," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Kamis (12/11/2020).

1. Empat kabupaten telah menetapkan status darurat bencana

Aktivitas Merapi Meningkat, 4 Kabupaten Tetapkan Status DaruratANTARA FOTO/Rudi/hn/pd

Untuk upaya kesiapsiagaan maupun penanganan darurat, Raditya menjelaskan empat pemerintah daerah di tingkat kabupaten tersebut telah menetapkan status keadaan darurat. Status itu yang mempermudah BPBD setempat untuk operasi tanggap darurat. 

"BPBD terus mengevaluasi tantangan yang dihadapi apabila kondisi semakin kritis, seperti jalur dan transportasi evakuasi, jalur dan peralatan komunikasi, maupun penerapan protokol Kesehatan saat proses evakuasi maupun di tempat penampungan," katanya.

Baca Juga: Merapi Keluarkan Guguran Lava, 1.294 Warga Dievakuasi

2. Daftar daerah berbahaya terkena dampak peningkatan aktivitas Gunung Merapi

Aktivitas Merapi Meningkat, 4 Kabupaten Tetapkan Status DaruratFoto suasana pemandangan Gunung Merapi dengan deretan permukiman warga lereng gunung tersebut terlihat dari kawasan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Melihat aktivitas vulkanik Gunung Merapi per Rabu 12 November 2020, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memprakirakan daerah bahaya meliputi: 

1. Daerah Istimewa Yogyakarta dengan detail wilayah Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor), Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem), Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari) di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

2. Provinsi Jawa Tengah mencakup tiga kabupaten, yakni 

a. Kabupaten Magelang dengan detail rincian wilayah sebagai berikut Desa Ngargomulyo (Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar); Desa Krinjing (Dusun Trayem, Pugeran, Trono); Desa Paten (Babadan 1, Babadan 2) di Kecamatan Dukun.

b. Kabupaten Boyolali yaitu Desa Tlogolele (Dusun Stabelan, Takeran, Belang); Desa Klakah (Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur); Desa Jrakah (Dusun Jarak, Sepi) di Kecamatan Selo.

c. Kabupaten Klaten dengan detail rincian daerah Desa Tegal Mulyo (Dusun Pajekan, Canguk, Sumur); Desa Sidorejo (Dusun Petung, Kembangan, Deles); Desa Balerante (Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang) di Kecamatan Kemalang.

3. Kebutuhan makan dan minum warga yang dievakuasi dijamin

Aktivitas Merapi Meningkat, 4 Kabupaten Tetapkan Status DaruratANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Raditya mengatakan, BNPB menjamin kebutuhan makan dan minum tersedia untuk para warga di tempat penampungan. Para sukarelawan juga membantu menyediakan bahan baku seperti sayuran, dan juru masak yang diproses di dapur umum atau pun mobil dapur lapangan. 

"Pos pendukung di tempat penampungan tersedia dan siap untuk memberikan pelayanan, seperti pos kesehatan yang siaga 24 jam," katanya.

Pihak pemerintah desa menyiapkan tidak hanya tempat tetapi tenaga serta pelayanan kepada para warga yang harus dievakuasi. Menurutnya, hal itu menjadi bukti kuatnya sister village dalam konteks kebencanaan.

"Warga dari suatu desa membantu warga desa lainnya," tuturnya.

4. BPPTKG mengimbau penambangan dan wisata di area KRB III dihentikan

Aktivitas Merapi Meningkat, 4 Kabupaten Tetapkan Status DaruratAngin berembus di lereng Gunung Merapi terlihat dari kawasan Klakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

BPPTKG merekomendasikan agar penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III untuk dihentikan. Pelaku wisata juga diminta tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi, termasuk kegiatan pendakian ke puncak gunung. 

"Terakhir, Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat," katanya.

Baca Juga: Disertai 13 Kali Gempa, Merapi Keluarkan Guguran Lava Rabu Pagi 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya