Comscore Tracker

Buka Kongres II Projo, Jokowi Sebut Infrastruktur Bukan untuk Dimakan

Jokowi ingatkan pentingnya infrastruktur bagi masyarakat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menjelaskan dampak positif dari pembangunan infrastruktur, khususnya di Wamena, Papua. Kepada seluruh relawan yang menghadiri acara Kongres II Projo di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/12), Jokowi menegaskan, pembangunan infrastruktur bukan untuk dimakan, tapi mendatangkan manfaat. 

"Pentingnya infrastruktur jangan sampai ada yang bilang infrastruktur gak bisa dimakan. Siapa yang suruh makan infrastruktur," ujar Jokowi saat membuka Kongres II Projo.

Baca Juga: Bertemu Relawan Projo, Jokowi Ucapkan Terima Kasih

1. Berhasilnya pembangunan infrastruktur telah membuat perjalanan Nduga-Wamena jadi lebih singkat

Buka Kongres II Projo, Jokowi Sebut Infrastruktur Bukan untuk DimakanPresiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, pada 27 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Setpres-Kris

Jokowi menuturkan, berhasilnya pembangunan infrastruktur di Wamena, telah membuat perjalanan dari Nduga ke Wamena menjadi lebih cepat, yakni kurang lebih empat sampai enam jam.

"Jalan tembus Wamena-Nduga sekarang selesai rampung, sehingga dari Nduga-Wamena sekarang hanya empat, lima, enam jam," tutur Jokowi.

2. Jokowi ceritakan, sebelum ada infrastruktur perjalanan Nduga-Wamena butuh 4 hari bahkan seminggu

Buka Kongres II Projo, Jokowi Sebut Infrastruktur Bukan untuk DimakanIlustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kondisi di Wamena saat ini, kata Jokowi, sangat jauh berbeda dibandingkan empat tahun lalu. Dulu, Jokowi menambahkan, masyarakat harus menempuh waktu empat hari empat malam untuk perjalanan Nduga-Wamena.

"Lima tahun yang lalu saat saya ke Wamena akan ke Nduga, rakyat kita butuh empat hari empat malam berjalan di tengah hutan, kadang seminggu," tuturnya.

3. Jokowi tekanan pentingnya pembangunan di seluruh Indonesia

Buka Kongres II Projo, Jokowi Sebut Infrastruktur Bukan untuk DimakanANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi mengingatkan seluruh relawan Projo bahwa Indonesia tidak hanya Pulau Jawa. Sehingga, pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara merata. Dengan demikian, masyarakat di luar Pulau Jawa pun bisa menikmati hal-hal yang sama.

"Jangan membayangkan Indonesia hanya Pulau Jawa. Mereka juga membutuhkan pembangunan, infrastruktur, logistik, seperti yang kita nikmati di Pulau Jawa," Jokowi menegaskan.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Terpilih Jadi Wamen Desa, Budi Arie akan Libatkan Projo Dalam Bekerja

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Sunariyah

Just For You