DPR Desak Pertamina Siapkan Langkah Pemulihan Kilang Balongan

Komisi VII DPR juga akan segara panggil Direksi Pertamina

Jakarta, IDN Times - Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat kebakaran pada Senin (29/3/2021) dini hari. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendesak Pertamina untuk segera mempersiapkan langkah pemulihan operasi Kilang Balongan.

"Tentu kita semua berharap kebakaran ini bisa segera teratasi dan secepatnya dilakukan pencegahan agar tidak menjalar ke pemukiman warga. Mereka yang jadi korban juga segera mendapatkan perawatan," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin.

Baca Juga: Imbas Kebakaran Tangki Kilang Minyak Balongan, 3 Orang Hilang 

1. Komisi VII DPR akan segera memanggil Direksi Pertamina

DPR Desak Pertamina Siapkan Langkah Pemulihan Kilang BalonganWarga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Sekjen DPP PAN ini juga meminta Pertamina untuk segera memberikan penjelasan soal penyebab kebakaran di Kilang Balongan ini. Hal itu karena Kilang Balongan Indramayu merupakan kilang yang sangat vital bagi pengolahan minyak mentah nasional.

"Komisi VII DPR akan segera memanggil Direksi Pertamina untuk meminta penjelasan atas kronologis peristiwa ini. Harus ada upaya pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali," katanya.

2. Kronologi kebakaran kilang Pertamina Balongan

DPR Desak Pertamina Siapkan Langkah Pemulihan Kilang BalonganApi membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Pada pukul 00.45 dini hari tadi, telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah kilang Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

Baca Juga: [BREAKING] Pertamina Masih Kendalikan Kebakaran Kilang Balongan, 4 Warga Terluka

3. Ada 5 orang alami luka bakar berat akibat kejadian tersebut

DPR Desak Pertamina Siapkan Langkah Pemulihan Kilang BalonganIlustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Peristiwa itu menyebabkan setidaknya lima orang mengalami luka bakar berat. Bukan hanya itu, terdapar 15 orang lainnya yang mengalami luka ringan.

"Total korban sampai saat ini terdata 20 orang yang sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dari jumlah tersebut 15 mengalami luka ringan serta lima lainnya luka berat," kata Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Caya, seperti dilansir ANTARA, Senin.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Segera Selidiki Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya