Comscore Tracker

DPR Gelar Paripurna Ambil Keputusan Calon Kapolri Siang Ini

Komisi III akan laporkan hasil uji kelayakan calon kapolri

Jakarta, IDN Times - DPR RI akan menggelar rapat paripurna hari ini, Kamis (21/1/2021) pukul 14.00 WIB, membahas laporan Komisi III, tentang hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Jadwal rapat tersebut tertuang dalam Surat Kesekjenan DPR RI Nomor: PW/00833/DPR RI/2021 perihal Undangan Rapat Paripurna DPR RI pada 21 Januari 2021.

Sebelum pengambilan keputusan calon kapolri, rapat paripurna akan didahului dengan pelantikan anggota DPR RI pengganti antarwaktu (PAW).

Baca Juga: [BREAKING] Komisi III DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

1. Komisi III DPR menyetujui pemberhentian terhormat Jenderal Pol. Idham Azis dari jabatan Kapolri

DPR Gelar Paripurna Ambil Keputusan Calon Kapolri Siang IniKapolri Jenderal Idham Aziz. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya, Komisi III DPR secara mufakat menyetujui pemberhentian secara terhormat Jenderal Idham Azis dari jabatan kapolri. Selain itu, Komisi III juga menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri.

"Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna DPR yang terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Ketua Komisi III DPR Herman Hery dalam uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri, Rabu, 20 Januari 2021.

2. Demokrat memberikan tujuh catatan untuk Komjen Listyo Sigit

DPR Gelar Paripurna Ambil Keputusan Calon Kapolri Siang IniHinca Panjaitan (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Herman menjelaskan, hasil tersebut sesuai dengan pertimbangan dari pandangan dan catatan fraksi-fraksi di Komisi III kemarin. Fraksi Partai Demokrat memberikan tujuh catatan untuk Komjen Lystio.

Catatan pertama Fraksi Demokrat di antaranya, Listyo harus mampu membawa perubahan wajah dan citra baru Polri di masyarakat. Sehingga menjadi aparat penegak hukum yang independen, netral, imparsial, tegas, dan tanpa tebang pilih dalam penindakan hukum.

"Kedua, Polri harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait isu intoleransi serta radikalisme di Indonesia dengan cara-cara profesional," ujar Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat Hinca Panjaitan, Rabu. 

3. Makalah Presisi Komjen Listyo banjir pujian fraksi

DPR Gelar Paripurna Ambil Keputusan Calon Kapolri Siang IniKabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Dok. IDN Times/Istimewa)

Selain itu, makalah bertema "Presisi" Komjen Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri mendapat pujian dari beberapa fraksi di Komisi III DPR RI.

Misalnya, pujian tersebut datang dari Anggota Komisi III Fraksi PKS Achmad Dimyati. Ia mengatakan, makalah tersebut mendapat skor sembilan dari 10.

"Makalahnya sangat bagus dan saya senang bacanya," ujarnya saat uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu.

Baca Juga: Komisi III DPR Segera Kirim Surat untuk Penetapan Listyo Jadi Kapolri

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya