Dilakukan Secara Daring, Partisipasi Earth Hour 2020 Diharapkan Naik

Sudah siap matikan lampumu selama satu jam malam ini?

Jakarta, IDN Times - Kendati dirundung wabah virus corona, namun organisasi World Wild Life (WWF) tetap mengajak publik untuk ikut aksi tahunan Earth Hour pada Sabtu malam (28/3). Berbeda dibandingkan aksi-aksi di tahun sebelumnya, tahun ini Earth Hour digelar secara daring. Hal itu dilatarbelakangi dengan kebijakan jaga jarak dan isolasi mandiri untuk mencegah penyebarluasan virus corona atau COVID-19.

Walaupun demikian, arti dari kegiatan tahunan tersebut tetap untuk menyatukan penduduk dunia agar polusi berkurang dan alam lebih sehat. 

"Biasanya kita berkumpul satu tempat dan berkumpul bersama. Tapi sekarang kita rayakan dengan konsep 'Earth Hour di Rumah," kata Perwakilan Komunitas Earth Hour Indonesia Renny Widya, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Juma (27/3). 

Lalu, bagaimana perayaan Earth Hour akan dilakukan secara daring? Bukannya malah menyimpang dari tujuan awal untuk mengurangi polusi?

1. WWF Indonesia berharap jumlah partisipan lebih banyak karena dilakukan dari rumah secara daring

Dilakukan Secara Daring, Partisipasi Earth Hour 2020 Diharapkan NaikEarth Hour Surabaya / Puspita

Renny berharap aksi Earth Hour tahun ini akan diikuti oleh lebih banyak warga. Sebab, aksi yang identik dengan mematikan lampu selama satu jam itu digelar melalui daring dan bisa menjangkau orang lebih banyak bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Sebelum mematikan lampu serentak pada hari ini Sabtu (28/3) pukul 20.30-21.30 WIB, terdapat sejumlah aktivitas yang dapat diikuti para partisipan secara daring melalui Instagram Live Earth Hour Indonesia (@EHIndonesia).

"Kita harapkan bakal lebih masif (yang mengikuti) karena semuanya melakukan di rumah masing-masing, dan diharapkan orang-orang di sekitar tempat tinggal kita ikut serta," ujar Renny. 

Baca Juga: 5 Cara #Connect2Earth ala Abibayu, “Si Duta Earth Hour Centang Biru”

2. Instagram dipilih sebagai platform untuk menarik partisipasi aksi Earth Hour

Dilakukan Secara Daring, Partisipasi Earth Hour 2020 Diharapkan NaikEarth Hour Surabaya / Meilana

Menurut Renny, alasan menggunakan platform Instagram untuk menarik partisipasi masyarakat karena diyakini memiliki pengguna yang aktif. Instagram adalah media sosial dengan pengguna aktif yang banyak di Indonesia dan mayoritas dimanfaatkan oleh millennials. 

"Kita lebih ke Instagram karena sampai sekarang, dibandingkan platform lain, Instagram lebih banyak digunakan masyarakat Indonesia," jelas dia.

3. Ada sejumlah acara menarik yang telah disiapkan oleh Earth Hour untuk gandeng anak muda

Dilakukan Secara Daring, Partisipasi Earth Hour 2020 Diharapkan NaikEarth Hour Surabaya / Astya

Sementara itu, ia mengatakan akan terdapat sejumlah kegiatan menarik yang telah disiapkan Earth Hour untuk menggandeng partisipasi masyarakat, khususnya generasi muda. 

"Nantinya, kita akan lakukan virtual ceremony live di Instagram mulai pukul 19.00 WIB bersama seluruh teman-teman komunitas Earth Hour di seluruh Indonesia," kata Renny.

"Akan lebih kreatif dengan talkshow, live music, share podcast, dan lainnya. Jadi, bakal tetap meriah secara digital dan semuanya bisa join," katanya melanjutkan. 

Pada acara bincang-bincang, komunitas Earth Hour akan membahas soal alam, energi, hutan, alam liar, air, makanan, dan hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi.

https://www.youtube.com/embed/lcxnCnsxqAg

Baca Juga: Earth Hour 2019: 7 Cara Sederhana Merayakannya Gerakan Ini di Rumah

Topik:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya