Jakarta Kebanjiran, Anggota DPR: Maksimalkan Fungsi Waduk

Pemprov diminta berinovasi untuk optimalkan fungsi waduk

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi V DPR Sadarestuwati mengatakan fungsi waduk di kawasan DKI Jakarta masih belum maksimal. Hal inilah yang menurutnya menjadi salah satu penyebab banjir di Ibu Kota.

"Situasi saat banyaknya titik banjir pada sejumlah wilayah yang perlu menjadi catatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terutama dalam mengoptimalkan fungsi waduk," katanya di Waduk Cincin, Jakarta Utara, seperti dikutip dari dpr.go id, Selasa (23/2/2021).

1. Waduk Cincin sudah lama tidak dikeruk

Jakarta Kebanjiran, Anggota DPR: Maksimalkan Fungsi WadukDinas Sumber Daya Air melakukan gerakan Gerebek Lumpur di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk mencegah banjir pada Senin (21/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sadarestuwati menyampaikan catatan mengenai pengerukan waduk yang sudah lama tidak dilakukan. Apalagi saat ini Jakarta sedang memasuki musim hujan.

"Waduk seluas 8,2 hektare yang mengelilingi Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok tersebut masih didapati sampah," katanya.

Baca Juga: Bima Arya Sempat Surati Anies Soal Banjir Jakarta, Tapi Tak Dibalas

2. Waduk Cincin punya fungsi dan manfaat strategis

Jakarta Kebanjiran, Anggota DPR: Maksimalkan Fungsi WadukIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Politisi Fraksi PDI Perjuangan tersebut mengingatkan seharusnya waduk bisa dikembangkan menjadi area wisata dan olahraga, selain sebagai tempat penampungan air. Menurutnya, Waduk Cincin adalah danau buatan yang secara umum punya fungsi dan manfaat strategis.

"Ini kan untuk menampung air, salah satu usaha agar tidak terjadi banjir. Air danau ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber air berbagai macam yang bisa dimanfaatkan di sini," ujarnya.

3. Pemprov DKI diminta berinovasi mengoptimalkan fungsi waduk

Jakarta Kebanjiran, Anggota DPR: Maksimalkan Fungsi WadukIlustrasi Waduk Sawuhan, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Ia mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus memiliki inovasi untuk optimalisasi fungsi waduk. Namun, masyarakat juga harus punya kesadaran menjaga lingkungan.

"Bagaimana supaya masyarakat memelihara lingkungan kita dengan mengoptimalkan yang ada," katanya.

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya