KA Lintas Karawang-Klari Gangguan Sinyal, 30 Kereta Terganggu

Pengguna kereta menumpuk

Jakarta, IDN Times - Gangguan sinyal yang mengganggu perjalanan Kereta Api (KA) lintas Karawang-Klari, sempat terjadi pada Jumat (27/12) sore.

Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, gangguan sinyal tersebut terjadi karena perangkat sinyal tersambar petir pada Jumat pukul 15.52 WIB.

Saat ini, Eva mengatakan, KA Karawang-Klari kembali normal beroperasi sejak Sabtu (28/12) pukul 09.45 WIB. "Hingga kini proses penguraian antrean KA di lintas terus dilakukan," ujar Eva, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 8 Barang yang Wajib Ada di Makeup Pouch Kamu saat Naik Kereta

1. Antrean panjang kereta tidak bisa dihindarkan akibat gangguan sinyal

KA Lintas Karawang-Klari Gangguan Sinyal, 30 Kereta TergangguIlustrasi kereta api (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Eva menjelaskan akibat gangguan sinyal tersebut terjadi antrean kereta. PT KAI Daop 1 Jakarta pun melakukan upaya perbaikan sinyal dengan cara manual, agar antrean kereta tidak semakin panjang.

"Sebelumnya sejumlah KA yang melintas sempat mengalami antrean perjalanan melalui persinyalan yang dilayani secara manual," ujar dia.

2. Keberangkatan dan kedatangan 30 kereta terlambat di wilayah Daop 1 Jakarta

KA Lintas Karawang-Klari Gangguan Sinyal, 30 Kereta TergangguIlustrasi kereta api (IDN Times/Wildan Ibnu)

Akibat sinyal dengan cara manual, keberangkatan dan kedatangan kereta di wilayah Daop 1 Jakarta pun terlambat. Hingga Sabtu pukul 09.00 WIB, terdapat sekitar 30 kereta mengantre dan mengalami kelambatan pemberangkatan.

"KA yang mengalami keterlambatan pemberangkatan dari stasiun awal keberangkatan Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota," ujar Eva.

3. PT KAI mengimbau pengguna jasa membatalkan perjalanan, apabila terdampak lebih dari 60 menit

KA Lintas Karawang-Klari Gangguan Sinyal, 30 Kereta TergangguIlustrasi kereta api. (Istimewa)

Eva mengatakan PT KAI Daop 1 Jakarta menyarankan kepada para pengguna jasa kereta yang terdampak gangguan di atas 60 menit, agar membatalkan perjalanan.

"Dengan pengembalian bea 100 persen sesuai harga tiket," ujar dia.

Selain itu, sebagai bentuk permohonan maaf, sejumlah pengguna jasa yang mengalami kelambatan juga mendapatkan layanan service recovery berupa makanan dan minuman dari PT KAI Daop 1 Jakarta.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Cerita Mereka Yang Mengalami Pelecehan Seksual di KRL dan Transjakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya