Lolos Seleksi Awal CPNS Kemenag, Siap-siap Ikut Tahap Berikut Ini

Cek namamu lolos atau tidak di adminku.kemenag.go.id

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 melalui akun Twitter resminya, @Kemenag_RI, Senin (16/12) malam.

Dalam pengumumannya, total ada 174.917 pelamar CPNS Kemenag yang dinyatakan lolos memenuhi syarat (MS) seleksi administrasi.

Untuk mengetahui namamu lolos seleksi administrasi atau tidak bisa cek di alamat ini, adminku.kemenag.go.id.

Bagi pelamar yang lolos tahap seleksi administrasi, berhak mengikuti tahap selanjutnya. Berikut tahap selanjutnya yang harus dilakukan pelamar CPNS Kementerian Agama yang lolos seleksi administrasi.

Baca Juga: Kemenag Umumkan Hasil Seleksi CPNS 2019, Cek di Alamat Web Ini

1. Setelah lolos administrasi, pelamar akan jalankan Seleksi Kompetensi Dasar dan Computer Assisted Test

Lolos Seleksi Awal CPNS Kemenag, Siap-siap Ikut Tahap Berikut IniSejumlah peserta calon pegawai negeri sipil mengikuti simulasi ujian berbasis computer assisted test (CAT) di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara di Kota Pekanbaru, Riau, (4/12). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Seluruh pelamar CPNS Kemenag yang lolos tahap seleksi administrasi, selanjutnya akan menjalankan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Computer Assisted Test (CAT).

Selanjutnya Kemenag akan mengumumkan Kartu Tanda Peserta Seleksi, waktu pelaksanaan serta ketentuan SKD dan CAT melalui laman kemenag.go.id dan media sosial resmi Kementerian Agama. 

Kalian dapat memantau update informasi mengenai hal tersebut melalui Instagram @kemenag_ri atau @cpnskemenag2019. Bisa juga melalui Twitter di akun @Kemenag_RI 

2. Kemenag ingatkan pelamar jangan percaya kepada pihak yang menawarkan kelulusan

Lolos Seleksi Awal CPNS Kemenag, Siap-siap Ikut Tahap Berikut IniPeserta mengikut simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berbasis Computer Assisted Test (CAT) saat car free day di Kawasan Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Pihak Kemenag mengingatkan kembali untuk para pelamar agar tidak mempercayai pihak tertentu yang menawarkan jalan mudah mendapatkan kelulusan pada seleksi CPNS. Kemenang juga meminta agar para pelamar tidak memberikan uang atau hal apa pun kepada pihak yang menawarkan kelulusan. 

Hal itu untuk menghindari penipuan-penipuan yang memang marak terjadi di masa seleksi CPNS. Kemenag juga menekankan, kelulusan pelamar diukur dari kemampuan dan kompetensi dasar. 

3. Berkas administrasi jadi tanggung jawab pelamar sepenuhnya

Lolos Seleksi Awal CPNS Kemenag, Siap-siap Ikut Tahap Berikut IniIDN Times/Maulana

Selain itu, berkas-berkas yang telah lulus seleksi administrasi nantinya juga akan dicek kembali keasliannya. Kemenag akan menindak tegas apabila ada sebuah manipulasi data yang dilakukan pelamar. 

Apabila pelamar lolos dan resmi menjadi PNS, Kemenag juga akan terus memantau dan meminta pertanggungjawaban atas berkas-berkas yang telah diunggah. Pembatalan kelulusan sampai pemberhentian menunggu untuk pihak yang memalsukan berkasnya. 

4. Pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi bisa mengajukan sanggahan

Lolos Seleksi Awal CPNS Kemenag, Siap-siap Ikut Tahap Berikut IniTim BKD Kaltim sedang memeriksa berkas CPNS (IDN Times/Yuda Almerio)

Lalu, untuk pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tidak berhak mengikuti SKD. Pelamar yang dinyatakan TMS dapat mengajukan sanggahan pada 17 sampai 19 Desember 2019 melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id

Masa sanggahan tidak dimaksudkan untuk mengubah kembali dokumen, mengunggah ulang dokumen, tidak untuk menambah informasi, tidak untuk mengunggah dokumen yang salah dan tidak untuk memperbaharui dokumen apa pun atau menambah dokumen apa pun.

Sanggahan yang masuk akan dijawab panitia seleksi CPNS Kementerian Agama Tahun 2019 pada 20 sampai 26 Desember 2019. Kemudian, Kemenag akan mengumumkan pelamar yang memenuhi syarat setelah masa sanggah pada 27 Desember 2019, melalui akun masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Ini Alasan Kementerian Agama Menunda Pengumuman CPNS

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya