Massa Demonstran Memaksa Masuk ke Dalam Gedung KPK & Copot Kain Hitam

Kain hitam yang tutupi logo di dekat press room dicopot

Jakarta, IDN Times - Massa aksi demonstran yang mendukung Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih, Irjen (Pol) Firli Bahuri dan revisi UU KPK, tiba-tiba bertindak anarkis pada Jumat sore (13/9). Mereka yang semula beraksi dengan damai dan hanya menyampaikan orasi, tiba-tiba mulai membakar dan menghancurkan karangan bunga berisi dukungan bagi komisi antirasuah. 

Karangan bunga itu dipajang di depan gedung KPK dan dikirim dari berbagai pihak sebagai bentuk keprihatinan KPK akan mati lantaran seleksi capim dan UU nya akan direvisi. Massa terdiri dari berbagai kelompok. Ada yang menamakan diri Himpunan Aktivis Millennial. Ada pula massa yang menyebut dirinya Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli KPK. 

Tak puas membakar dan menghancurkan karangan bunga yang dipajang di depan gedung KPK, massa kemudian mencopot kain hitam yang menutupi logo dan plang komisi antirasuah. Usai berhasil mencopot kain hitam di bagian depan, massa tiba-tiba merangsek masuk ke dalam gedung KPK. 

Mereka ingin mencopot kain hitam yang menutupi logo besar KPK yang berada di samping ruang media. Para pegawai komisi antirasuah yang melihat aksi unjuk rasa itu sempat terpancing emosi dan ikut mencegah beberapa orang yang hendak mencopot kain hitam tersebut.

Personel polisi yang disiagakan di depan gedung KPK memang sempat mencegah agar tidak terjadi kericuhan lebih lanjut. Namun, pantauan dari IDN Times di lokasi, polisi terlihat pasif. Mereka bahkan sempat mendukung tuntutan dari massa yang ingin agar kain hitam yang menutupi logo KPK dicopot. Ada pula personel polisi yang malah mengabadikan peristiwa itu dengan ponsel. 

Hingga saat ini massa masih berusaha masuk ke dalam gedung KPK untuk mencopot kain hitam yang ada di bagian atas gedung Merah Putih. Pengamanan di gedung KPK semakin diperketat untuk mencegah agar tidak terjadi kericuhan lebih lanjut. Ikuti terus perkembangan informasinya di IDN Times

Baca Juga: Aksi Demo di Depan KPK, Massa Minta Kain Hitam yang Tutupi Logo Dibuka

Topik:

Berita Terkini Lainnya