Comscore Tracker

Mendagri Tito Puji dan Doakan Listyo Sigit Amanah Saat Jabat Kapolri 

Tito yakin kepribadian Listyo cocok untuk jadi kapolri

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, calon tunggal kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, merupakan sosok yang cerdas dan tegas. Selain itu, Tito juga menilai Listyo sudah sangat paham dan matang untuk menduduki jabatan kapolri.

“Bayangkan saja, pernah menjadi kapolda, jabatan yang sangat penting di Polri, menjadi kabareskrim (kepala Bareskrim). Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya, yaitu pengalaman sebagai ajudan presiden. Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik,” kata Tito dalam keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Resmi! Jokowi Serahkan Nama Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

1. Kinerja Listyo saat menjadi Kapolda Banten dan Kadivpropam dinilai baik

Mendagri Tito Puji dan Doakan Listyo Sigit Amanah Saat Jabat Kapolri (Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) melakukan salam komando dengan Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai saat serah terima jabatan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Sebagai mantan kapolri, Tito mengenal Listyo Sigit sebagai sosok yang berkinerja baik selama menjalani beberapa jabatan strategis. Pada kesempatan tersebut, Tito menjelaskan bagaimana kinerja Listyo selama menjadi Kapolda Banten dan Kadivpropam.

“Pada saat Kapolda Banten, cukup lama ya dua tahun, situasi Banten saya lihat tenang, cool dan kinerjanya sangat baik selama di Polda Banten. Saya kira kita semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak (pemberitaannya)," katanya

Kemudian yang kedua, saat (menjabat sebagai) Kadivpropam, juga beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung terutama mendisiplinkan anggota, mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik,” lanjutnya.

2. Listyo dinilai memiliki kepribadian yang cocok untuk menjabat kapolri

Mendagri Tito Puji dan Doakan Listyo Sigit Amanah Saat Jabat Kapolri Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Konferensi Pers Penetapan Brigjen Pol. Prasetijo Utomo sebagai Tersangka (Dok. Humas Polri)

Selain itu, kata Tito, Listyo juga dikenal sebagai sosok muda yang matang dan kaya akan pengalaman. Bahkan, menurut Tito, Listyo memiliki kepribadian yang baik untuk menduduki jabatan kapolri.

"Saya kira dengan segala pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau, saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul, termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak, senior, junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, tapi juga saya tahu Pak Sigit sangat tegas, sikap beliau sangat tegas sekali,” tandasnya.

3. Tito doakan agar Listyo menjadi kapolri yang amanah

Mendagri Tito Puji dan Doakan Listyo Sigit Amanah Saat Jabat Kapolri Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Tito berdoa agar Listyo Sigit mampu mengemban amanah sebagai kapolri dengan baik. Sebab, menurutnya, Listyo sangat siap untuk menduduki jabatan nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia.

“Sehingga sekali lagi saya berpandangan, Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri, saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik,” ucap Tito.

Baca Juga: Kompolnas Beberkan Rekam Jejak Calon Kapolri Listyo ke Komisi III DPR

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya