[BREAKING] Resmi! Jokowi Serahkan Nama Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

Listyo Sigit sebagai calon tunggal gantikan Idham Azis

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah menerima Surat Presiden terkait nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Presiden Joko "Jokowi" Widodo ternyata mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis.

Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, Msi, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan dalam keterangannya, Rabu.

Mensesneg Pratikno tiba di Gedung Parlemen sekitar pukul 10.45 WIB. Saat menerima Surpres tersebut, Puan didampingi Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Aziz Syamsudin.

“Pergantian Kapolri saat ini adalah mengikuti siklus masa jabatan yang telah berakhir dan dengan demikian perlu diangkat kapolri yang baru,” kata Puan.

Puan mengatakan bahwa sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Kapolri nantinya bakal diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI.

DPR, kata Puan, akan memperhatikan beberapa aspek persyaratan yang meliputi syarat adimistratif, kompetensi, profesionalitas, dan komitmen dalam mengawal Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika.

“Selanjutnya, proses pemberian persetujuan akan dilakukan sesuai mekanisme internal DPR,” kata Puan.

Baca Juga: Jejak Komjen Listyo Sigit, Calon Tunggal Kapolri Pengganti Idham Azis

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya