Comscore Tracker

Mudik Natal, Jumlah Kendaraan di Tol Trans Jawa Naik 40 Persen 

One way berlaku di KM 70 Cikampek Utama-KM 414 Kalikangkung

Jakarta, IDN Times - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru jumlah kendaraan yang akan melintas di Tol Trans Jawa dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah diperkirakan naik sebesar 40 persen, pada Sabtu (21/12).

"Banyak masyarakat mudik hari ini. Kenaikan (arus kendaraan) sampai 40 persen," kata Irjen Istiono di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

1. Sistem one way berlaku di Tol Trans Jawa KM 70 Cikampek Utama - KM 414 Kalikangkung

Mudik Natal, Jumlah Kendaraan di Tol Trans Jawa Naik 40 Persen ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Irjen Istiono mengatakan, untuk memecah kepadatan arus kendaraan menuju ke Jawa Tengah, pihaknya pun memberlakukan sistem one way di Tol Trans Jawa, dari kilometer 70 Cikampek Utama hingga kilometer 414 Kalikangkung.

"One way yang kami umumkan kemarin memberi kesempatan bagi masyarakat untuk merancang mudiknya dengan baik," ujarnya.

Pihaknya menilai, pemberlakuan one way dapat membuat arus mudik Natal dan Tahun Baru berjalan lancar.

"Dengan one way, rest area jalur A dan rest area jalur B bisa digunakan. Dengan lebih banyak rest area yang dioperasionalkan, maka titik macet di rest area tertentu dapat berkurang," katanya.

Baca Juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Diklaim Kurangi Kepadatan Hingga 40 Persen

2. One way dinilai dapat mengantisipasi kenaikan jumlah kendaraan saat mudik

Mudik Natal, Jumlah Kendaraan di Tol Trans Jawa Naik 40 Persen NTARA FOTO/Risky Andrianto/wsj.

Ia juga menjelaskan, sistem one way bertujuan untuk mengantisipasi naiknya jumlah kendaraan pemudik yang bergerak dari arah Jakarta menuju kampung halamannya.

Selain itu, Ia juga mengingatkan agar para pemudik untuk tetap berhati-hati dan tidak tergesa-gesa dalam melakukan perjalanan.

"Kepada para pengguna jalan diharapkan tidak buru-buru, kendalikan kecepatan dengan baik, nikmati perjalanan agar semua berjalan lancar sampai tujuan," katanya.

3. Kepadatan lalin sepanjang 10 KM terjadi di Tol Japek Jati Bening - Cikunir

Mudik Natal, Jumlah Kendaraan di Tol Trans Jawa Naik 40 Persen IDN Times/Umi Kalsum

Pada pukul 06.51 WIB, akun Twitter resmi PT Jasa Marga @PTJASAMARGA melaporkan kepadatan lalin sepanjang 10 KM terjadi di Tol Japek Jati Bening - Cikunir jalur atas.

Selain itu, pada jalur Karawang Barat jalur atas atau bawah KM 44 sampai KM 48 arah Cikampek juga dikabarkan padat. Hal itu karena ada penanganan kecelakaan kendaraan bus di pertemuan antara jalur bawah KM 47 dan jalur atas KM 48

"06.51 WIB #Tol_Japek Jati Bening - Cikunir Jalur Atas KM 10 PADAT, kepadatan volume lalin. Karawang Barat Jalur Atas / Bawah KM 44 - KM 48 arah Cikampek PADAT, ada Penanganan kecelakaan kendaraan bus di Jalur Bawah KM 47 dan Jalur Atas KM 48 PADAT di lajur Pertemuan," cuit akun @PTJASAMARGA, Sabtu (21/12).

Kepadatan pun dilaporkan masih terjadi hingga pukul 08.35 WIB pada ruas jalan tersebut.

"08.35 WIB #Tol_Japek Jati Bening - Cikunir Jalur Atas KM 10 PADAT, kepadatan volume lalin. Cibitung Jalur Atas - Cikarang Barat KM 28 PADAT, kepadatan volume lalin," tulis akun @PTJASAMARGA.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Tol Japek Macet Sepanjang 10 Km Pagi Ini, Contraflow Diberlakukan

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya