Panglima TNI Beri Penghargaan Tertinggi Militer ke Kapolri, untuk Apa?

Panglima TNI berharap sinergitas TNI-Polri semakin solid

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Angkatan Kelas Utama, kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis. Ini merupakan penghargaan tertinggi di militer.

Penganugerahan tanda kehormatan dari tiga matra itu disematkan langsung Panglima TNI melalui upacara penyematan tanda kehormatan Bintang Angkatan Kelas Utama di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/7/2020).

Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Angkatan Kelas Utama di tiga matra, yakni Bintang Kartika Eka Pakci Utama berdasarkan Keppres No 58/TK/Tahun 2020, Bintang Jalasena Utama berdasarkan Keppres No 59/TK/Tahun 2020, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama berdasarkan Keppres No 60/TK/Tahun 2020.

Hadir dalam penganugerahan itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjend TNI Moch Fachruddin, Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi dan pejabat lainnya.

1. Penghargaan ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa Kapolri yang dianggap luar biasa

Panglima TNI Beri Penghargaan Tertinggi Militer ke Kapolri, untuk Apa?Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kedua kanan)/ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi mengatakan penganugerahan ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Kapolri, atas jasa-jasanya yang luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI.

"Serta untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat kejuangan dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada bangsa dan negara," kata dia, seperti dilansir kantor berita ANTARA, Selasa.

Baca Juga: Panglima TNI: 15 Prajurit Gugur Akibat Virus Corona

2. Panglima TNI berharap sinergitas TNI-Polri semakin solid

Panglima TNI Beri Penghargaan Tertinggi Militer ke Kapolri, untuk Apa?Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis (tengah). (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Sisriadi menyebutkan Panglima TNI merasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolri atas penganugerahan tanda kehormatan ini, serta atas kerja sama dan soliditas TNI-Polri yang baik selama ini.

"Panglima TNI berharap dengan penghargaan tertinggi dari TNI ini, maka TNI dan Polri akan semakin solid dalam melaksanakan tugas pengamanan dan pembangunan nasional," kata dia.

3. Penghargaan ini dinilai sebagai bukti sinergitas TNI-Polri

Panglima TNI Beri Penghargaan Tertinggi Militer ke Kapolri, untuk Apa?Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Dok. Humas Polri)

Sementara, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan Kapolri juga menyatakan kebanggaannya atas pemberian penghargaan ini. Polri berharap sinergitas antara TNI dan Polri terus terjalin dengan baik.

"Suatu anugerah yang dibanggakan Kapolri mendapatkan anugrah bintang tertinggi dari TNI. Ini menjadikan suatu pengungkit, tanda sinergitas TNI-Polri. Ini adalah suatu hal yang luar biasa," kata Argo.

Baca Juga: Sosok Brigjen Prasetyo yang Dicopot Kapolri Gegara Bantu Djoko Tjandra

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya