Comscore Tracker

Pulang dari Yogyakarta, 33 Guru MAN 22 Jakbar Positif COVID-19  

Kenapa mereka ke Yogyakarta, ya?

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 33 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 22 Jakarta Barat terpapar COVID-19 setelah melakukan perjalanan selama lima hari ke Yogyakarta pada 20-25 November 2020. 

Klaster guru ini terungkap setelah dua orang guru diketahui terpapar COVID-19 pada 28 November 2020. Hasil penelusuran kemudian didapati sejumlah guru lain yang positif COVID-19.

"Pas ada kasus konfirmasi, langsung sekolah kita semprotin. Kita lakukan kewajiban kita untuk tracing dengan data-datanya," kata Camat Palmerah, Firman Ibrahim,  seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (4/12/2020). 

1. Berawal dari seorang guru yang merasakan gejala COVID-19

Pulang dari Yogyakarta, 33 Guru MAN 22 Jakbar Positif COVID-19  Ilustrasi tes swab. (IDN Times/Candra Irawan)

Firman menjelaskan klaster ini terungkap ketika salah seorang guru merasakan tidak enak badan. Ia kemudian melakukan tes swab antigen pada 27 November 2020. Hasilnya  ternyata reaktif.  

"Guru itu merasa tak enak badan setelah perjalanan bersama para guru lainnya selama lima hari (20-25 November 2020),” ujar Firman.

Baca Juga: [UPDATE] 10 Negara dengan Kasus Sembuh COVID-19 Tertinggi di Dunia

2. Hasil tracing mengejutkan

Pulang dari Yogyakarta, 33 Guru MAN 22 Jakbar Positif COVID-19  Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hasil tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan tracing pada guru-guru lain. Tes PCR massal terhadap para guru pun digelar. Hasilnya, empat guru lain yang melakukan tes usap pada 28 November 2020, dinyatakan positif COVID-19. 

"Lalu pada Kamis (30 November 2020), 16 guru terkonfirmasi positif COVID-19, setelah tes usap," kata Firman. 

3. Sebanyak 33 guru yang positif COVID-19, 3 guru masih menunggu hasil tes

Pulang dari Yogyakarta, 33 Guru MAN 22 Jakbar Positif COVID-19  Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Saat ini pemeriksaan COVID-19 telah dilakukan kepada 43 guru. Dari jumlah tersebut, 33 di antaranya positif COVID-19 dan tujuh orang dinyatakan negatif. Sementara tiga guru lain masih menunggu hasil tes.

“Kami juga kini masih menunggu hasil ketiga guru,” ungkap Firman.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut, Firman memerintahkan lurah dan petugas kecamatan untuk sosialisasi, meminta warga meningkatkan protokol kesehatan dan, penyemprotan disinfektan dilakukan di areal sekolah.

4. Para guru ke Yogyakarta dalam acara pelepasan kepala sekolah

Pulang dari Yogyakarta, 33 Guru MAN 22 Jakbar Positif COVID-19  Ilustrasi uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil DKI Jakarta, Nur Pawaiddudin, mengatakan pihaknya tidak mengetahui ada rombongan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 22 Jakarta Barat yang berangkat ke Yogyakarta. Sebab mereka tidak meminta izin sebelumnya. 

"Secara formal ataupun non-formal mereka tidak melakukan izin ke kita atau pemberitahuan minimal itu enggak ada sama sekali," kata Nur Pawaiddudin seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (4/12/2020).

Menurut keterangan pihak sekolah yang diterima Nur, para guru dan karyawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 22 Jakarta Barat mengunjungi Yogyakarta dalam rangka pelepasan Kepala Sekolah MAN 22 yang akan memasuki masa purna tugas.

Baca Juga: Begini Upaya Rekayasa Pemerintah Jika Terjadi Lonjakan Kasus COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Aldzah Fatimah Aditya

Berita Terkini Lainnya