Comscore Tracker

Sambut Pelantikan Presiden, Lobi Gedung DPR Dihiasi Dekorasi Papua

Berkaitan dengan konflik di Papua beberapa waktu lalu?

Jakarta, IDN Times - Gedung DPR/MPR RI diwarnai dengan dekorasi menarik dalam penyelenggaraan acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2019 di Jakarta pada Minggu (20/10). Dekorasi unik bernuansa Papua itu terlihat di depan dan di dalam lobi Gedung Nusantara III DPR.

Misalnya saja, terdapat kayu perisai khas Papua yang berwarna merah, putih dan hitam. Perisai khas Papua tersebut berdiri tegak di setiap kanan kiri penyangga bangunan. Di samping perisai terdapat hiasan tanaman padi berwarna cokelat, menandai telah memasuki masa panen.

Selain itu, hal yang paling mencolok dari dekorasi khas Papua adalah gambar-gambar burung cenderawasih yang menghiasi setiap sudut bangunan. Gambar burung cenderawasih tersebut terlihat terbang dengan kepakan sayap lebar di atas bangunan tradisional Papua.

Dekorasi yang kental dengan adat Papua ini berkaitan dengan peristiwa kerusuhan di Bumi Cenderawasih beberapa waktu lalu. Kejadian itu bermula dari konflik rasial yang berkepanjangan hingga akhirnya membuat para perantau meninggalkan beberapa daerah di Papua. 

Baca Juga: Bicara soal Papua, Anita Wahid Ingatkan yang Dilakukan Gus Dur

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya