Comscore Tracker

Vaksinasi Lansia Maret-April, Masih Tunggu AstraZeneca dan Pfizer

Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan dimulai besok

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap vaksin COVID-19 AstraZeneca dan Pfizer tiba di Indonesia pada April 2021. Sehingga, vaksinasi kepada lansia bisa dilakukan pada Maret-April 2021.

"Kita harapkan kalau vaksin Pfizer dan AstraZeneca datang di bulan April, itu adalah vaksin yang memang sudah uji klinisnya digunakan untuk di atas 60 tahun. Jadi kita akan mulai untuk petugas publik dan lansia itu sekitar bulan Maret-April," kata Budi dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta yang ditayangkan secara langsung oleh YouTube DPR RI, Selasa (12/1/2021). 

1. Kemenkes pastikan vaksinasi dimulai Rabu besok

Vaksinasi Lansia Maret-April, Masih Tunggu AstraZeneca dan PfizerPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) saat simulasi di lingkungan Kodam IX Udayana, Denpasar, Bali, Kamis (10/12/2020). Simulasi tersebut digelar sebagai persiapan penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang rencananya digelar pada Januari 2021. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Kemenkes memastikan program vaksinasi COVID-19 akan dilakukan mulai besok, Rabu 13 Januari 2021. Kelompok pertama yang akan divaksin yaitu, tenaga kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.  

"Kenapa diberikan ke nakes? Karena kriterianya yang diberikan oleh orang-orang yang berisi risiko tinggi untuk terpapar, karena tenaga kerja kesehatan ini selalu terpapar pasien COVID-19," ujar Menkes. 

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

2. Budi berharap vaksinasi COVID-19 pada tenaga kesehatan selesai Februari 2021

Vaksinasi Lansia Maret-April, Masih Tunggu AstraZeneca dan PfizerPetugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. (ANTARA FOTO/Jojon)

Menkes mengatakan, jumlah tenaga kesehatan yang menjadi target vaksinasi sebanyak 1,48 juta. Ia berharap, vaksinasi kepada tenaga kesehatan selesai pada akhir Februari 2021.

"Diharapkan ini mulai besok, mudah-mudahan di akhir Februari ini bisa selesai," ujarnya. 

3. Vaksinasi tahap kedua ditargetkan untuk 17,4 juta petugas publik

Vaksinasi Lansia Maret-April, Masih Tunggu AstraZeneca dan PfizerIlustrasi Vaksin. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Budi mengatakan, 17,4 juta petugas publik akan menjadi kelompok yang akan divaksin COVID-19 pada tahap kedua. Menurutnya, prioritas ini berbeda dengan negara-negara lain yang mendahulukan para lansia. 

"Di Indonesia kita taruh (lansia) di dua B (tahap kedua plan B), karena vaksin yang ada sekarang Sinovac yang uji klinis baru sampai 59 tahun," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Vaksin COVID-19 Tahap 3 Tiba di Tanah Air

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya