Comscore Tracker

Begini Cara Pengelola Wisata Malang Raya Tarik Pengunjung

Mereka harus memutar otak karena masih ada pembatasan usia  

Malang, IDN Times – Pengelola wisata melakukan berbagai cara untuk bisa menggenjot kunjungan selama masa PPKM level 3 ini. Seperti diketahui, kurang lebih memasuki pekan kedua uji coba pembukaan destinasi wisata, kunjungan wisatawan masih belum sesuai harapan.

Adanya pembatasan usia minimal 12 tahun juga menjadi penyebab masih minimnya kunjungan wisatawan. Namun demikian, pengelola wisata tak patah arang dan mencoba berbagai cara untuk menarik minat kunjungan wisawatan. 

1. Berikan potongan harga dan fun game

Begini Cara Pengelola Wisata Malang Raya Tarik PengunjungInstagram/malangnightparadise

Salah satu cara yang dilakukan pengelola destinasi wisata adalah dengan memberikan diskon potongan. Hal itu seperti dilakukan oleh destinasi wisata Hawai Group. Pengelola menawarkan potongan harga ditambah fun game bagi pengunjung yang memasuki area Malang Night Paradise. Potongan harga tersebut diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung.  

"Kami juga berikan semacam fun game bagi pengunjung. Jadi selain potongan harga mereka juga bisa mendapat sesuatu yang berbeda," papar 'orporate Communication Hawai Group Malang Andi Prasetya, Rabu (22/9/2021). 

2. Wahana lain mulai buka

Begini Cara Pengelola Wisata Malang Raya Tarik PengunjungInstagram/hawaiwaterpark

Selain memberikan potongan harga untuk destinasi wisata Malang Night Paradise, Andi menambahkan bahwa pengelola juga sudah membuka dua wahana lain yang sebelumnya tutup. Pembukaan tersebut dilakukan setelah adanya izin dan sudah melalui pertimbangan manajemen.

Dua wahana wisata yang selama tutup yakni Malang Smart Arena dan Museum Ganesha dan mulai kembali beroperasi Rabu 22 September 2021 ini. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB, dengan pembatasan maksimal 1.000 wisatawan.

“Untuk Hawai Water Park masih tutup karena memang aturannya belum membolehkan buka," tambahnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Paling Ikonik di Cần Thơ Vietnam, Keren Banget!

3. Jatim Park 2 tambah koleksi baru

Begini Cara Pengelola Wisata Malang Raya Tarik PengunjungPara petugas tengah memberi makan satwa di kawasan Secreet Zoo Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Berbeda dengan Hawai Group, Jawa Timur Park 2 memilih untuk menarik pengunjung dengan menambah koleksi baru. Salah satunya adalah dengan mendatangkan Giant Otter dari Singapore Zoo. Upaya menambah koleksi itu juga untuk melengkapi koleksi hewan yang ada di Jatim Park 2. Meskipun sebenarnya penambahan koleksi baru itu sudah dilakukan sebelum PPKM diberlakukan. 

"Sebenarnya mulai sebelum PPKM diberlakulan kami sudah ancang-ancang menambah koleksi. Salah satunya adalah giant otter atau sejenis berang – berang dari Singapore Zoo,” kata Guest Relation Officer Jatim Park 2, Edo Mayranda Hardi Pratama. 

4. Siap area khusus untuk anak-anak

Begini Cara Pengelola Wisata Malang Raya Tarik PengunjungManajemen Jatim Park 2 berkomitmen untuk mengembangbiakkan Harimau Sumatera. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk menyiasati belum bolehnya anak-anak di bawah usia 12 tahun memasuki tempat wisata, pengelola juga menyiapkan tempat khusus. Tempat tersebut semacam playground untuk memberi tempat agar wisatawan datang membawa anak dibawah usia 12 tahun tidak terlalu kecewa. 

"Ini hanya opsi saja yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Sejauh ini memang belum banyak yang memanfaatkan, baru satu dua orang saja," tandasnya. 

Baca Juga: Ada Batasan Usia, Jatim Park 2 Mengaku Tolak Banyak Pengunjung   

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya