Comscore Tracker

Ke Pujon Kidul, Sandiaga: Desa Wisata Pendongkrak Ekonomi

Perluas pengembangan desa wisata hingga nasiona 

Malang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno kembali melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Malang. Setelah melihat langsung pengelolaan UMKM di Museum Panji, Tumpang, kali ini Sandi menyempatkan diri mendatangi desa wisata di kawasan tersebut, Sabtu (22/5/2021).

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Pujon Kidul, Kecamatan Pujon memang rerus mengalami perkembangan signifikan. Kini kawasan tersebut pun menjadi primadona baru dengan landmark ikoniknya yakni Cafe Sawah yang membuat kawasan tersebut menjadi jujugan para wisatawan. 

1. Potensi desa wisata sangat besar

Ke Pujon Kidul,  Sandiaga: Desa Wisata Pendongkrak EkonomiSandiaga Uno saat menandatangani prasasti peresmian gedung pusat informasi pariwisata di Desa Pujon Kidul. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Sandiaga menyampaikan bahwa desa wisata kini bisa menjadi alternatif pembangunan desa yang berkesinambungan. Ia mencontohkan seperti di Desa Pujon Kidul yang sebelumnya tak banyak dikenal masyarakat. Bahkan dari sisi ekonomi, terjadi lonjakan cukup drastis setelah wilayah tersebut dikembangkan menjadi desa wisata. 

"Pengembangan desa yang tepat bisa menghasilkan hal yang besar. Seperti Pujon Kidul ini dengan ikon Cafe Sawah yang mampu meningkatkan nilai ekonomu. Sebelumnya satu hektar hanya bisa menghasilkan paling besar Rp20 juta, tetapi dengan pendekatan ekonomi kreatof kini bisa menghasilkan Rp1,2 miliar per tahun," urai Sandiaga, Sabtu (22/5/2021). 

2. Konsep menarik memberikan nilai tambah

Ke Pujon Kidul,  Sandiaga: Desa Wisata Pendongkrak EkonomiSandiaga Uno saat memberikan arahan kepada pengelola wisata di Desa Pujon Kidul. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Sandi menambahkan bahwa pendekatan ekonomi kreatif yang dilakukan di Desa Pujon Kidul dinilai sangat berhasil. Terbukti, pengembangan desa wisata tersebut banyak menyerap tenaga kerja. Konsep wisata dipadukan dengan pertanian, ekonomi kreatif dan sedikit sentuhan seni membuat kawasan tersebut kini menjadi percontohan bagi desa-desa lain untuk mengembangkan wilayah mereka. 

"Bahkan saat ini saya mendapat info bahwa ada bebera jenis tanaman dari Desa Pujon Kidul yang sudah merambah pasar ekspor bahkan sampai ke Jepang. Ini nilai tambahnya peningkatannya sangat luar biasa. Membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas luasnya," tambahnya. 

3. Desa wisata jadi simbol kebangkitan ekonomi

Ke Pujon Kidul,  Sandiaga: Desa Wisata Pendongkrak EkonomiMenparekraf saat berada di Desa Wisata Pujon Kidul. IDN Times/Alfi Ramadana

Apa yang terjadi di Desa Pujon Kidul menurut Sandi harusnya bisa menginspirasi desa-desa lain di Indonesia. Jika desa lain bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan Pujon Kidul sesuai dengan potensinya masing-masing, maka dirinya meyakini bahwa desa wisata bakal benar-benar bisa pendongkrak ekonomi nasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sandi menyebut bahwa Kemenparekraf siap memfasilitasi dengan memberikan program peningkatan keterampilan serta kemampuan pengelolaan desa wisata. Terutama untuk beradaptasi dengan teknologi digital agar potensi yang ada di masing-masing desa bisa diekplore lebih jauh.

"Hal itu yang ingin kami wujudkan dan berikan pada tiap-tiap desa. Karena kami ingin program yang disiapkan Kemenparekraf bisa dirasakan masyarakat pedesaan dan tepat sasaran," sambungnya. 

Baca Juga: Kunjungi Museum Panji, Sandiaga Uno Ingin UMKM Naik Kelas  

4. Pandemik saatnya untuk berbenah

Ke Pujon Kidul,  Sandiaga: Desa Wisata Pendongkrak EkonomiMenparekraf, Sandiaga Uno bersama Bupati Malang, Sanusi dan pelawak Jawa Timur, Cak Percil saat berada di Desa Wisata Pujon Kidul. IDN Times/Alfi Ramadana

Sandi menilai bahwa pandemik COVID-19 juga tak bisa menjadi alasan untuk mengembangkan wisata. Justru situasi seperti ini menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk terus berbenah baik dari sisi infrastruktur, protokol kesehatan hingga pelayanan pariwisata. Guna memacu setiap wilayah untuk berkembang dan berinovasi, Kemenparekraf juga membuat event lomba anugerah desa wisata. 

"Harapan kami apa yang kami lakukan ini bisa memotivasi desa-desa agar semakin berkembang dan kreatif. Kalau semuanya bisa berjalan sesuai, maka kebangkitan pariwisata nasional akan bisa dikebut meski situasi masih pandemik," tandasnya. 

Baca Juga: 6 Info Seputar Trekking di Desa Wisata Pujon Kidul Malang, Seru!

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya