Perempuan Usia 75 Tahun Sembuh dari COVID-19 di Kota Batu 

Hasil tes swab kedua sempat kembali positif  

Batu, IDN Times - Kabar gembira datang dari satu pasien positif COVID-19 di Kota Batu. Satu orang pasien yang diketahui merupakan seorang wanita berusia 75 tahun dari Desa Bulukerto dinyatakan sembuh. Proses perawatan terhadap pasien bersangkutan sudah berlangsung cukup lama. Bahkan ia sempat menjalani tes swab sebanyak empat kali selama masa perawatan. Setelah dinyatakan sembuh, wanita itu pun diperbolehkan pulang. Tambahan satu pasien sembuh membuat secara total sudah ada dua pasien sembuh di Kota Batu. 

1. Hasil swab pertama negatif tapi swab kedua positif

Perempuan Usia 75 Tahun Sembuh dari COVID-19 di Kota Batu Rumah sakit Karsa Husada sebagai rujukan perawatan COVID-19 di Kota Batu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebelumnya petugas dari Satgas COVID-19 Kota Batu sempat kesulitan mengidentifikasi pasien itu. Saat pertama kali dilakukan test swab, hasilnya negatif corona. Lantaran petugas belum yakin, mereka pun melakukan tes swab yang kedua. Hasilnya pasien tersebut dinyatakan positif terpapar corona dan langsung mendapatkan perawatan dari tim medis. 

"Selanjutnya untuk dilakukan dua kali swab lagi untuk memastikan apakah yng bersangkutan sudah sembuh atau belum. Alhamdulilah hasilnya negatif sehingga dinyatakan sembuh," ucap Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Batu, M.Chori Sabtu (16/5). 

2. Perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batu cukup landai

Perempuan Usia 75 Tahun Sembuh dari COVID-19 di Kota Batu Humas Pemkot Batu

Sejauh ini, lanjut Chori, perkembangan kasus positif COVID-19 di Kota Batu memang cenderung landai. Tak seperti dua wilayah lainnya di Malang Raya yang kasus positif COVID-19 sudah mencapai angka 25 kasus untuk Kota Malang dan 52 kasus untuk Kabupaten Malang. Kota Batu sejauh ini baru mencatatkan 7 kasus. Kasus ketujuh berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia. Setelah meninggal dunia, hasil swab dari pasien bersangkutan dinyatakan positif COVID-19. 

"Kami lakukan perluasan tracing, serta akan dilakukan swab test bagi tiga orang yang sempat terlibat kontak erat dengan pasien bersangkutan," imbuhnya. 

3. Fokus untuk persiapan PSBB

Perempuan Usia 75 Tahun Sembuh dari COVID-19 di Kota Batu Malang Raya bakal menerapkan PSBB mulai 17 Mei. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meski cenderung lebih landai dibanding dua wilayah lain di Mang Raya, Kota Batu juga tetap terlibat dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang bakal mulai diterapkan pada Minggu (17/5) hingga Sabtu (30/5).

Persiapan demi persiapan sudah dilakukan guna bia memaksimalkan PSBB untuk mencegah semakin meluasnya kasus positif COVID-19. Peraturan walikota (Perwal) yang mengatur PSBB juga sudah jadi dan mulai disosialisasikan. 

Baca Juga: PSBB Malang Raya Siap Bergulir, Sejumlah Aturan Mulai Disosialisasikan

4. Bagikan masker untuk dukung penerapan PSBB

Perempuan Usia 75 Tahun Sembuh dari COVID-19 di Kota Batu Polisi menjaga kawasan physical distancing di Kota Batu. Malang Raya tengah membahas rencana PSBB. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk memaksimalkan penerapan PSBB, Pemkot Batu melalui BPBD juga membagikan masker ke beberapa lokasi. Pembagian masker tersebut dilakukan sebagai penguatan jelang PSBB. Aturan selama PSBB memang mewajibkan setiap masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah. Hal itu demi mengurangi kemungkinan terpapar virua corona. Rinciannya ada sekitar 3.750 masker yang dibagikan. 

"Pembagian masker oleh BPBD dibagi setiap desa 200 masker dan kelurahan 300 masker. Sisanya direncanakan untuk pedagang pasar serta untuk mendukung penerapan PSBB," pungkasnya. 

Baca Juga: Jelang PSBB Malang Raya, Kasus Positif COVID-19 Masih Terus Bertambah

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya