Anies Sambangi Markas BEM UI: Kalau Undangan Sudah Siap, Saya Hadir

BEM UI tantang bacapres debat adu gagasan

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menyambangi markas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) setelah mengisi kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Selasa (29/8/2023).

Anies hendak bersilaturahmi sekaligus mengambil undangan debat yang sempat dilayangkan BEM UI beberapa waktu lalu.

“Hari ini saya baru selesai memberi kuliah umum di FISIP UI, kemudian saya mampir ke Sekretariat BEM UI untuk merespons undangan debat,” ucap Anies seusai menyambangi Markas BEM UI.

“Saya pikir bisa ketemu teman-teman dan jika undangannya sudah ada, saya bawa langsung saja,” kata dia lagi.

Baca Juga: Bawaslu Sebut Tak Masalah BEM UI Gelar Debat Bacapres di Kampus

1. Pastikan layani undangan debat BEM UI

Anies Sambangi Markas BEM UI: Kalau Undangan Sudah Siap, Saya HadirBacapres Anies Baswedan usai menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023) (IDN Times/Amir Faisol)

Saat tiba di lokasi, Anies mendapati Sekretariat BEM UI kosong karena kemungkinan mahasiswa sedang kuliah.

Di depan pintu Sekretariat BEM UI, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengaku siap hadir melayani tantangan debat bacapres tersebut.

“Tapi karena sekretariat kosong dan mungkin teman-teman sedang kuliah jadi saya tunggu saja nanti kalau undangannya sudah siap dan dikirimkan, insya Allah saya hadir (debat),” kata dia.

Baca Juga: AHY Klaim Sudah Tahu Sosok Bakal Cawapres yang Dampingi Anies

2. Debat Bacapres BEM UI digelar 14 September

Anies Sambangi Markas BEM UI: Kalau Undangan Sudah Siap, Saya HadirUniversitas Indonesia, Depok. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

BEM UI telah menetapkan waktu debat antarbakal calon presiden (bacapres). Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang memastikan, debat itu akan digelar pada 14 September 2023.

"Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti," kata Melki.

BEM UI menegaskan, debat bacapres itu akan digelar secara terbuka. BEM UI mengundang seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa dan seluruh anak muda.

"Kami mengundang seluruh anak-anak muda, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk datang dan melihat ide-ide besar tiap calon pemimpin kita untuk masa depan bangsa," tutur dia.

Melki mengatakan, undangan resmi kepada bacapres akan mulai dikirim pada 24 Agustus 2023.

"Undangan resmi akan kami kirimkan mulai besok untuk tiap Bacapres yang kini ada, baik Ganjar, Anies, maupun Prabowo. Kami akan tunggu respon lanjutan dan keberanian dari tiap kalian untuk beradu gagasan di depan kami semua!" kata dia.

Baca Juga: Debat Bacapres BEM UI Digelar 14 September, Undangan Segera Dikirim

3. BEM UI tantang bacapres adu gagasan

Anies Sambangi Markas BEM UI: Kalau Undangan Sudah Siap, Saya HadirKetua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, Melki Sedek Huang. (www.instagram.com/@melkisedekhuang)

Tantangan adu gagasan antar bacapres itu disampaikan BEM UI menanggapi Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperbolehkan menggelar kampanye di fasilitas pendidikan, tetapi dengan catatan tak membawa atribut kampanye.

"Silakan datang ke UI jika berani! Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden/bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian," kata Melki.

"Jika melihat Putusan MK yang tengah diperbincangkan tersebut, tak ada satu pun frasa dalamnya yang menyebutkan memperbolehkan kampanye di kampus, melainkan disebutkan bahwa institusi pendidikan diperbolehkan untuk mengundang para calon dengan tidak membawa atribut dan alat peraga," kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya