Bareskrim Periksa Zul Zivilia Terkait Kasus Fredy Pratama Pekan Ini

Penyidik masih koordinasi dengan pihak lapas

Jakarta, IDN Times - Bareskrim Polri membuka peluang memeriksa vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul Zivilia, terkait kasus gembong narkoba jaringan internasional Fredy Pratama. Bareskrim menjadwalkan memeriksa Zul di Bareskrim Polri pada pekan ini.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Mukti Juharsa mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Lapas Gunung Sindur. Saat ini, Zul Zivilia dipenjara terkait kasus narkoba di Lapas Gunung Sindur.

Namun, Mukti belum memerinci waktu pemeriksaan Zul Zivilia.

“Minggu ini kalau bisa. (Diperiksa) di Bareskrim,” kata Mukti di Bareskrim Polri, Selasa (3/10/2023).

Mukti menjelaskan, Zul Zivilia membeli narkoba ke salah satu bandar bernama Rian. Adapun Rian memasok barang haram itu dari gembong narkoba Fredy Pratama.

“Dulu si Zul, beli dari si Rian. Rian itu termasuk dalam pembelian jaringan Fredy Pratama Casanova makanya kita mau BAP dulu,” ujar dia.

Baca Juga: Lagi! Polda Lampung Tangkap 1 Kurir Sabu Jaringan Fredy Pratama

1. Bareskrim periksa Angela Lee terkait TPPU Fredy Pratama

Bareskrim Periksa Zul Zivilia Terkait Kasus Fredy Pratama Pekan Iniilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Bareskrim Polri memeriksa selebgram Angela Lee sebagai saksi terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) gembong narkorba jaringan internasional Fredy Pratama.

Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya tengah mendalami aliran dana jaringan Fredy Pratama di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk mendalami kasus ini, penyidik kemudian memeriksa Angela Lee untuk mengumpulkan alat bukti pada klaster baru TPPU, yaitu pengembangan aset yang disita dari LS, yang merupakan keluarga Fredy Pratama.

“Angela salah satu saksi yang kami periksa untuk mengumpulkan alat bukti dugaan layering/cluster baru TPPU. Hasil pengembangan aset yang disita dari rekan FP (Fredy Pratama) yang membantu pembelian satu ruko milik tersangka LS (keluarga FP),” kata Susatyo.

Baca Juga: Polri Tangkap 3 Anak Buah Fredy Pratama di Thailand

2. Selebgram Nur Utami jadi tersangka TPPU Fredy Pratama

Bareskrim Periksa Zul Zivilia Terkait Kasus Fredy Pratama Pekan IniFredy Pratama (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bareskrim Polri juga telah menetapkan selebgram Nur Utami sebagai tersangka terkait kasus TPPU Fredy Pratama. Ia diduga menikmati uang narkoba jaringan Fredy.

"NU sudah ditetapkan sebagai tersangka TPPU dan telah dilakukan penahanan di Rutan Bareskrim," kata Wadirtipidnarkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi.

Baca Juga: Bareskrim Polri Bakal Periksa Zul Zivilia Terkait Fredy Pratama

3. Polri bongkar gembong narkoba jaringan internasional Fredy Pratama

Bareskrim Periksa Zul Zivilia Terkait Kasus Fredy Pratama Pekan IniInfografis Fredy Pratama (IDN Times/Aditya Pratama)

Bareskrim Polri mengungkap bandar besar narkotika jaringan internasional Fredy Pratama alias Miming alias Cassanova. Bareskrim turut menyita total sebanyak 10,2 ton sabu yang terafiliasi jaringan Fredy Pratama di Indonesia selama periode 2020-2023.

Berdasarkan barang bukti yang ada, sosok Fredy Pratama disebut masuk sebagai salah satu sindikat penyalur narkotika terbesar di Indonesia.

Dari hasil analisis Direktorat Tindak Pidana Narkoba, didapati bahwa mayoritas narkoba di Indonesia terafiliasi dengan jaringan Fredy.

Setiap bulannya, sindikat Fredy disebut mampu menyelundupkan sabu dan ekstasi masuk ke Indonesia dengan jumlah mulai dari 100 sampai 500 kilogram, dengan modus operandi menyamarkan sabu ke dalam kemasan teh.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya