Diskusi Generasi Muda Partai Golkar Ricuh, Jurnalis Dipukul

Kasus ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Jakarta, IDN Times - Acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk “Selamatkan Partai Golkar Menuju Kemenangan Pileg 2024” di Restoran Pulau Dua, Tanah Abang, Jakarta Pusat berujung ricuh hingga dibubarkan pihak berwajib.

Juru Kamera Kompas TV bernama Janivan Prapta pun menjadi korban pemukukan oleh orang tidak dikenal (OTK) saat melakukan peliputan acara tersebut.

Kasus ini pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut terdaftar dengan Nomor: STTLP/B/ 4348 / VII /2023/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, terlapor disangkakan dengan Pasal 352 KUHP.

1. Ceritakan kronologi kericuhan di TKP

Diskusi Generasi Muda Partai Golkar Ricuh, Jurnalis DipukulPolisi membubarkan acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk “Selamatkan Partai Golkar Menuju Kemenangan Pileg 2024” di Restoran Pulau Dua, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Dok IDN Times/istimewa)

Janivan Prapta menceritakan, segerombolan orang tidak dikenal hendak membubarkan acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar yang sedang berlangsung. 

Dia mengakui menggunakan kamera untuk menyorot ke arah sekelompok orang tak dikenal tersebut.

"Mereka datang menggeruduk ngebubarin acara diskusi sampai pihak panitia bilang "Nanti diliput ya kalau datang ngegeruduk" okay saya liput," ujar Janivan saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (26/7/2023).

Selang beberapa detik usai mengarahkan kameranya ke segerombolan orang tersebut, salah dari mereka langsung mendatangi Janivan dan langsung melakukan tindakan pemukulan.

“Langsung mukul kamera saya. Sama mukul dagu saya. Setelah itu saya masuk ke dalam karena mereka banyak kan,” ujar dia.

Baca Juga: Berujung Ricuh, Polisi Bubarkan Diskusi Generasi Muda Partai Golkar

2. Ponsel jurnalis lain dirampas dan dibuang

Diskusi Generasi Muda Partai Golkar Ricuh, Jurnalis Dipukulilustrasi Ilmu Komunikasi (IDN TImes/Arief Rahmat)

Dia mengatakan saat kejadian kericuhan itu, ponsel seorang jurnalis dari media lain juga dirampas dan dibuang oleh orang tak dikenal dari segerombolan massa itu.

“Yang kena pukul cuma saya sendiri. Ada anak media lain CNN handphone-nya diambil, dibuang sembarang. Jadi mereka benar-benar enggak mau di-record,” ucapnya.

3. Acara diskusi yang berujung ricuh dibubarkan polisi

Diskusi Generasi Muda Partai Golkar Ricuh, Jurnalis DipukulPolisi membubarkan acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk “Selamatkan Partai Golkar Menuju Kemenangan Pileg 2024” di Restoran Pulau Dua, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Dok IDN Times/istimewa)

Polisi kemudian membubarkan acara diskusi Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) bertajuk “Selamatkan Partai Golkar Menuju Kemenangan Pileg 2024” di Restoran Pulau Dua, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Patar Mula Bona mengaku telah menerima laporan peristiwa keributan di Restoran Pulau Dua.

“Saya selaku Kapolsek beserta tim baik itu yang terbuka maupun yang tertutup dari reskrim datang untuk memastikan di Restoran Pulau Dua tidak ada lagi terjadi keributan tersebut. Jadi kita lakukan peleraian, kedua kelompok kita minta bubar,” kata Patar di lokasi acara.

Baca Juga: Acara Diskusi soal Golkar Berakhir Ricuh, Panitia Minta Maaf ke Media 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya